Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Kesehatan

Dokter Bagikan Kiat-Kiat Cegah Penularan Mpox Antar Manusia

Dokter Spesialis Penyakit Dalam Subspesialis Penyakit Tropik Infeksi RS Pondok Indah, dr. Hadianti Adlani bagikan kiat-kiat mencegah penularan Mpox.

Penulis: Aisyah Nursyamsi
Editor: Whiesa Daniswara
zoom-in Dokter Bagikan Kiat-Kiat Cegah Penularan Mpox Antar Manusia
freepik
Monkeypox atau cacar monyet 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Aisyah Nursyamsi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Dokter Spesialis Penyakit Dalam Subspesialis Penyakit Tropik Infeksi RS Pondok Indah – Bintaro Jaya dr. Hadianti Adlani, Sp. P.D, Subsp. P.T.I. (K) bagikan kiat-kiat cegah penularan Mpox antar manusia.

Namun, sebelumnya dr Hadianti menjelaskan bagaimana penularan Mpox antar manusia. 




"Umumnya penularan Mpox terjadi antar manusia akibat kontak jarak dekat dengan sekresi saluran pernapasan, darah, cairan tubuh, dan lesi kulit atau mukosa yang mengandung virus dari penderita Mpox," jelasnya pada keterangan resmi, Jumat (30/8/2024). 

Selain itu, penularan juga dapat terjadi melalui:

  • Kontak erat yang terjadi dalam waktu lama dengan orang yang terinfeksi Mpox. Terlebih yang terpapar droplet maupun berhubungan seksual. Definisi lama pada kasus ini adalah lebih dari 4 jam.
  • Menggunakan atau menyentuh pakaian, sprei, selimut, mau pun permukaan yang sebelumnya digunakan dan telah terkontaminasi cairan tubuh atau cairan pada lepuhan orang yang menderita Mpox.
  • Seorang wanita yang hamil dan sedang terinfeksi Mpox bisa saja menularkan penyakit ini ke janinnya, maupun ketika proses persalinan melalui kontak kulit ibu dan bayi.

Dilaporkan bahwa angka keparahan (case fatality rate/CFR) Mpox berkisar antara 1-10 persen dengan jumlah kematian terbanyak pada kelompok usia muda.

Kasus yang parah lebih banyak terjadi pada anak-anak dan terkait dengan tingkat paparan virus, status kesehatan pasien, dan tingkat keparahan komplikasi.

BERITA TERKAIT

Kasus kematian sebagian besar terjadi pada kelompok usia yang lebih muda karena dianggap lebih rentan terhadap penyakit, mengingat status imun belum sempurna.

Hingga saat ini, belum ditemukan antivirus untuk penyakit Mpox, sama dengan penyakit lain yang setara dengan Mpox.

Namun Mpox dapat dicegah dengan vaksinasi cacar smallpox. Selain itu, penularan dapat dicegah dengan beberapa cara, antara lain:

  • Menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat, seperti cuci tangan secara teratur menggunakan sabun dan air mengalir, dengan teknik mencuci tangan yang benar.
  • Menghindari kontak langsung dengan tikus, primata, atau hewan yang mati mendadak maupun sedang sakit.
  • Menghindari kontak fisik dengan penderita atau material yang terkontaminasi penderita Mpox.
  • Jika kontak dengan penderita Mpox tidak terhindarkan, gunakan alat pelindung diri ketika merawat orang yang terinfeksi Mpox.
  • Masak makanan hingga matang, terutama untuk daging maupun jeroan hewan.
  • Terapkan perilaku seks yang aman dengan tidak bergonta-ganti pasangan, serta tunda, atau setidaknya gunakan kondom, ketika berhubungan intim dengan penderita Mpox.
  • Gunakan masker untuk mencegah penularan Mpox ketika terpaksa berjumpa orang lain.
  • Bersihkan rumah, terutama permukaan benda yang sering disentuh oleh banyak orang, secara rutin.
  • Pelaku perjalanan yang kembali dari wilayah terjangkit segera memeriksakan diri jika mengalami demam tinggi mendadak, pembesaran kelenjar getah bening, dan ruam kulit dalam waktu kurang dari 3 minggu setelah kepulangan.
  • Pasien Mpox wajib diisolasi atau karantina mandiri, agar tidak menularkan virus ke orang lain.

"Jadi, apabila Anda atau kerabat mengalami gejala Mpox jangan ragu untuk segera ke unit Emergency rumah sakit atau berkonsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam subspesialis penyakit tropik dan infeksi,"tutupnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas