Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Kesehatan

Memaknai Arti Sehat Ala Dion Wiyoko dan Kunto Aji, Mulai Jaga Makanan hingga Terapi Musik

Setiap orang memiliki definisi serta cara unik mereka sendiri untuk hidup sehat. Termasuk Dion Wiyoko dan penyanyi Kunto Aji.

Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Anita K Wardhani
zoom-in Memaknai Arti Sehat Ala Dion Wiyoko dan Kunto Aji, Mulai Jaga Makanan hingga Terapi Musik
Tribunnews.com/Rina Ayu
Aktor Dion Wiyoko dan penyanyi Kunto Aji saat ditemui di ON3, Jakarta Selatan, Senin (9/9/2024). 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu

TRIBUNNEWS.COM,JAKARTA -- Setiap orang memiliki definisi serta cara unik mereka sendiri untuk hidup sehat.

Seperti halnya yang diungkap aktor Dion Wiyoko dan penyanyi Kunto Aji.

Baca juga: Viral Pesawat Ditumpangi Kunto Aji Alami Kebocoran Tangki, Bos Garuda Indonesia: Kita Ganti Pesawat




Keduanya punya makna berbeda dalam medefinisikan sehat.

Dion Wiyoko memaparkan, sebagai seseorang memiliki memiliki kesibukan yang padat, ia menemukan cara untuk menjaga pola hidup sehat.

“Cara yang sederhana bahkan dengan berjalan kaki. Saya jadi sadar bahwa langkah-langkah kecil yang konsisten itu bisa membawa manfaat dan perubahan besar bagi kesehatan saya,” kata dia saat ditemui di ON3, Jakarta Selatan, Senin (9/9/2024).

Baca juga: Dion Wiyoko Ditunjuk Jadi Duta Kampanye Generasi Bersih Sehat

Baginya, sehat merupakan kelarasan yang bisa menciptakan ketenangan jiwa.

BERITA TERKAIT

Mulai dari menjaga makanan dan pola tidur.

"Untuk makanan bukan tipe yang cleaned banget, kayak hari ini saya makan penuh lemak, maka besok saya makan yang lebih sehat,” ujar pemeran di Cek Toko Sebelah ini.

Sementara Kunto Aji memaknai sehat melalui musik.

Menurutnya, musik adalah cara dan juga bentuk terapi yang membuat dirinya menjadi lebih sehat.

Baginya, bernyanyi tidak hanya menyenangkan tetapi juga memberikan manfaat signifikan bagi kesehatan mental dan fisik.

“Karya musik yang ditulis saya juga merupakan bagian dari upaya membantu sekaligus para penikmat musik saya untuk bisa memiliki kesehatan mental yang baik,” ungkap dia.

Penyanyi Kunto Aji tampil menghibur pengunjung Hutan Kota Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (19/6/2022). Peringatan HUT Ke-37 Pusat Pengelolaan Kompleks Kemayoran (PPK Kemayoran) diisi dengan berbagai acara antara lain bazar, festival musik, kegiatan komunitas, lomba fotografi, dan kegiatan lainnya yang berlangsung hingga Minggu (19/6/2022). Melalui kegiatan ini, PPK Kemayoran berharap dapat mengoptimalkan Utan Kemayoran sebagai destinasi wisata hijau di Jakarta. Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha
Penyanyi Kunto Aji tampil menghibur pengunjung Hutan Kota Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (19/6/2022). Peringatan HUT Ke-37 Pusat Pengelolaan Kompleks Kemayoran (PPK Kemayoran) diisi dengan berbagai acara antara lain bazar, festival musik, kegiatan komunitas, lomba fotografi, dan kegiatan lainnya yang berlangsung hingga Minggu (19/6/2022). Melalui kegiatan ini, PPK Kemayoran berharap dapat mengoptimalkan Utan Kemayoran sebagai destinasi wisata hijau di Jakarta. Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha (Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha)

Di Indonesia, berdasarkan Survei Kesehatan Indonesia 2023, hambatan terbesar orang dewasa di Indonesia dalam mencapai kesehatan adalah kurangnya waktu dengan hingga 67,7 persen responden menyebutkan ini sebagai alasan utama tidak melakukan aktivitas fisik.

Dikesempatan yang sama AIA memperkenalkan konsep #BerbedaBedaTapiSehatJuga dalam "Rethink Healthy" untuk menekankan bahwa kesehatan dapat dicapai dengan berbagai cara yang berbeda, dan setiap orang memiliki definisi serta cara unik mereka sendiri untuk hidup sehat.

Dengan aktivitas sederhana yang mudah diintegrasikan ke dalam kehidupan sehari-hari, seperti bernyanyi, mendengarkan lagu, berjalan kaki, relaksasi, menggunakan transportasi umum, atau bahkan terhubung dengan alam, setiap orang dapat menemukan cara mereka sendiri untuk mencapai tujuan kesehatan mereka.

“Kami percaya bahwa dengan memberi ruang bagi individu untuk mengeksplorasi dan menyesuaikan aktivitas sehat sesuai dengan kebutuhan, mereka akan lebih termotivasi untuk mencapai tujuan kesehatan,” ungkap Chief Marketing Officer AIA Kathryn Parapak.

Ditambahkan health & wellness expert dr. Sophia Hage, SPKO, untuk mencapai kondisi kesehatan yang baik tidak dapat fokus pada satu aspek saja, seperti kesehatan fisik.

“Saya sangat mengapresiasi langkah ini yang mengajak masyarakat untuk memahami cara yang unik dan dekat dengan keseharian untuk mencapai kesehatan yang holistik sehingga gaya hidup sehat ini bisa diterapkan secara berkelanjutan,” ujar dr Sophia.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas