Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Kesehatan

Cegah Penyakit Kronis, Dexa Gandeng 1.400 Apotek dan Klinik Gelar Skrining Kesehatan Gratis

Dexa Group menjalankan kerja sama strategis dengan 1.400 apotek dan klinik di seluruh Indonesia, melalui kegiatan skrining kesehatan gratis

Editor: Sanusi
zoom-in Cegah Penyakit Kronis, Dexa Gandeng 1.400 Apotek dan Klinik Gelar Skrining Kesehatan Gratis
HO
ilustrasi skrining kesehatan 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sebagai upaya preventif mencari penyebab kematian tertinggi di Indonesia, Dexa Group menjalankan kerja sama strategis dengan 1.400 apotek dan klinik di seluruh Indonesia, melalui kegiatan skrining kesehatan gratis (rapid test) bagi para pengunjungnya. 

Kegiatan ini dilakukan di 1.400 apotek dan klinik yang berada di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Palembang, Surabaya, Bandung, dan Semarang.  

Baca juga: Radikal Bebas Picu Penyakit Kronis, Ahli Gizi: Cukupi Asupan Antioksidan

“Program skrining ini sudah mulai berjalan sepanjang bulan Agustus dan September 2024, yang merupakan rangkaian dari kegiatan CSR dalam rangka HUT Dexa Group yang ke 55. Harapan kami, melalui program skrining ini, Dexa Group dapat berkontribusi dalam upaya pencegahan dan deteksi dini penyakit kronis, salah satu penyebab kematian tertinggi di Indonesia, hipertensi, kolesterol, diabetes plus asam urat,” kata Direktur Utama Dexa Medica V Hery Sutanto., Rabu (25/9/2024).

Baca juga: Kepala BPIP: Stunting Bisa Bikin Keterbelakangan Mental dan Penyakit Kronis

Menurut data International Diabetes Federation (IDF) jumlah penderita diabetes di Indonesia sebanyak 19,5 juta penderita di tahun 2021 dan diprediksi akan menjadi 28,6 juta pada 2045. 

Indonesia menduduki peringkat kelima negara dengan jumlah penderita diabetes tertinggi dunia. Karenanya dalam kerja sama tersebut, Dexa Group mendistribusikan sebanyak 115.000 strip tes gula darah dan asam urat ke lebih dari 1.400 relasi apotek dan klinik, berkolaborasi dengan Group K24, OGB Dexa, GoApotik, Assist.id, GPOS dan PT Anugrah Argon Medica (AAM).

Baca juga: Picu Penyakit Kronis, Terapkan 11 Langkah Ini Hindari Obesitas

PT Medela Potentia sebagai induk perusahaan AAM, melalui jaringan distribusi platform digitalnya turut berpartisipasi dalam kegiatan skrining kesehatan melalui jaringan GoApotik dan GPOS.

“Kami mendistribusikan alat tes kesehatan bekerja sama dengan 200 apotek jaringan GoApotik, serta 200 relasi apotek yang tergabung dalam jaringan GPOS,” kata Direktur Utama PT Medela Potentia Krestijanto Pandji.

BERITA REKOMENDASI

 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas