Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Kesehatan

Hari Jantung Sedunia, RSJJ Ingatkan Masyarakat Lebih Perhatikan Kesehatan Jantung

Hari Jantung Sedunia atau World Heart Day (WHD) diperingati pada hari ini, 29 September.

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Wahyu Aji
zoom-in Hari Jantung Sedunia, RSJJ Ingatkan Masyarakat Lebih Perhatikan Kesehatan Jantung
Handout/IST
Peringati Hari Jantung Sedunia, RSJJ melakukan serangkaian kegiatan dengan tema Use Heart For Action 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Hari Jantung Sedunia atau World Heart Day (WHD) diperingati pada hari ini, 29 September.

Data World Heart Day (WHD)  menunjukkan penyakit jantung atau penyakit kardiovaskular (PKV) adalah penyebab kematian nomor satu di dunia, mengalahkan kanker dan diabetes. 
Setiap tahun, lebih dari 20,5 juta orang meninggal dunia akibat serangan jantung, stroke dan gagal jantung.

Direktur RS Jantung Jakarta Dr. dr. Jusuf Rachmat, SpB, Sp.BTKV (K), MARS mengajak masyarakat peduli terhadap kesehatan jantung.

"Kami mengajak semua pihak untuk lebih sadar dan peduli terhadap kesehatan jantung, dimulai dari hal-hal sederhana seperti pola makan yang sehat, rutin berolahraga dan juga melakukan check up secara berkala," ujar Jusuf melalui keterangan tertulis, Minggu (29/9/2024).

RS Jantung Jakarta menyelenggarakan serangkaian acara dalam rangka memperingati Hari Jantung Sedunia 2024, yang dihadiri oleh berbagai komunitas masyarakat.

Acara ini merupakan bagian dari komitmen RS Jantung Jakarta untuk mendukung tema World Heart Day 2024, yaitu "Use Heart for Action".

"Acara ini juga menjadi momen penting bagi RS Jantung Jakarta untuk mengedukasi masyarakat tentang pentingnya pencegahan penyakit jantung melalui langkah-langkah yang konkrit dan berkelanjutan," ujar Ratri Wulan SE, Ak., M.Ak dari Pemasaran RS Jantung Jakarta.

BERITA REKOMENDASI

Dalam acara ini, peserta diajak berpartisipasi dalam beberapa kegiatan, di antaranya Senam Jantung Sehat, yang bertujuan meningkatkan kebugaran dan menjaga kesehatan jantung melalui aktivitas fisik teratur.

Dalam acara ini juga disediakan pemeriksaan mini Medical Check Up dan konsultasi langsung bagi para peserta yang hadir.

Selain itu, para peserta mendapatkan edukasi dari para pakar melalui sesi Edukasi Kesehatan dengan topik : “Bagaimana Menjaga Jantung Anda Dengan Pilihan Nutrisi Terbaik”.

Pembahasan berfokus pada pentingnya menerapkan pola makan, nutrisi seimbang dan gaya hidup yang mendukung kesehatan jantung oleh dr. Gracia JMT Winaktu, MS, Sp.Gk.

Baca juga: Jangan Sepelekan, Gigi Berlubang Bisa Pengaruhi Kesehatan Jantung

Kemudian dilanjutkan dengan pembahasan mengenai “Pencegahan dan Penanganan Penyakit Jantung” oleh dr. Rissa Ummy, Sp.Jp, FIHA.  (*)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas