Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Kesehatan

BKKBN Harap Program 'PASTI' untuk Turunkan Angka Stunting Diperluas ke Provinsi Lain

BKKBN berharap banyak teman-teman yang memberikan CSR untuk menekan angka stunting di Indonesia.

Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: willy Widianto
zoom-in BKKBN Harap Program 'PASTI' untuk Turunkan Angka Stunting Diperluas ke Provinsi Lain
Tribunnews.com/Rina Ayu Panca Rini
Pelaksana Tugas Kepala BKKBN, Dr. Sundoyo, SH, MKM, M.Hum 

TRIBUNNEWS.COM,JAKARTA - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) memuji keberhasilan PASTI (Partnership to Accelerate Stunting Reduction in Indonesia) yang merupakan sebuah program kemitraan untuk menurunkan angka stunting di Indonesia.

Baca juga: BKKBN Siap Data Ibu Hamil dan Menyusui untuk Program Makan Bergizi Gratis

Pelaksana Tugas Kepala BKKBN, Dr. Sundoyo, SH, MKM, M.Hum, mengatakan, praktik baik ini sudah teruji dimana sudah terlihat penurunan stunting di beberapa daerah di Indonesia.

"Ada Banten, NTT, Jawa Timur dan Kalimantan Barat,” ujar Sundoyo dalam sambutannya saat acara Pembelajaran dan Praktik Baik Implementasi Program PASTI di Auditorium BKKBN Pusat, Jakarta, Selasa (15/10/2024).

Ia berharap para mitra pendana bisa memperluas implementasi program PASTI di provinsi lain agar penurunan stunting bisa optimal. 

Baca juga: Program Makan Bergizi Gratis Dimulai Januari 2025, BKKBN Siap Kolaborasi dengan Badan Gizi Nasional

Sehingga di tahun 2045 pembangunan sumber daya manusia yang unggul, berkualitas dan berdaya saing tinggi bisa tercapai.

“Kami berharap teman-teman mitra CSR-nya bisa ditambah untuk provinsi-provinsi lain. Tidak hanya berhenti di empat provinsi ini, tetapi terus dikembangkan yang saya yakin bahwa dengan praktik baik program PASTI akan banyak berkontribusi dalam rangka menurunkan angka stunting di Indonesia,” tambahnya.

Hingga September 2024, program PASTI telah menjangkau 3.613 baduta, 5.255 remaja, termasuk 3.467 remaja putri, serta 13.426 peserta program dewasa melalui aktivitas komunikasi perubahan perilaku (KPP), Pos Gizi Dapur Sehat Atasi Stunting (DAHSYAT), sosialisasi Modul Implementasi Nyata GenRe Cegah Stunting (Ini Genting) bagi remaja, pendampingan calon pengantin, dan peningkatan kapasitas Tim Pendamping Keluarga (TPK). 

Baca juga: Penanganan Stunting Diharapkan Jadi Program Prioritas Pemerintahan Prabowo

BERITA REKOMENDASI

Selain itu, program PASTI juga telah meningkatkan kapasitas 2.483 anggota Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) di tingkat kelurahan/desa dan kecamatan.

Adapun program PASTI didukung oleh Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat (USAID), Tanoto Foundation, PT Amman Mineral Nusa Tenggara (AMMAN), PT Bank Central Asia Tbk, dan Yayasan Bakti Barito yang diimplementasikan oleh Wahana Visi Indonesia dan sub-mitra pelaksana Yayasan Cipta.

Baca juga: Pemenuhan Nutrisi Seimbang, Zat Besi dan Vitamin C Bisa Cegah Anemia dan Stunting Anak

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas