Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Maskapai RB Optimis, Bikin Brunei Semakin Terbuka

Negara tetangga yang terkenal dengan kekayaan minyak buminya itu dipastikan mendatangkan wisatawan mancanegara

Editor: Content Writer

Kabar baik datang dari Brunei Darussalam. Negara tetangga yang terkenal dengan kekayaan minyak buminya itu dipastikan mendatangkan wisatawan mancanegara (Wisman) ke Indonesia dengan grafik yang meningkat.

Itu setelah, maskapai milik pemerintah Brunei itu akan menambah penerbangan ke Lombok, Nusa Tenggara Barat dalam waktu secepatnya.

"Sekarang sedang pembicaraan government to government. Karena kami sangat optimis bahwa Indonesia punya destinasi dan berpotensi didatangi masyarakat kami," kata Manager Marketing Commercial Departement Royal Brunei (RB), Alirahim Haji Abdul Rani di perhelatan Brunei Travel Fair 2018, 7 Oktober 2018.

Saat ini, imbuh Alirahim, RB sudah sangat konsisten melakoni penerbangan langsung dari Bandar Seri Begawan menuju tiga kota besar dan destinasi wisata tanah air. Kota-kota tersebut adalah Jakarta, Surabaya dan Denpasar, Bali.

"Load Factor sangat bagus. Keterisiannya juga baik. Karena memang Indonesia memiliki semua. Semoga rencana penerbangan menuju Lombok bisa terealisasi dengan baik, dan kita juga bisa bekerjasama dengan Indonesia dengan bagus dalam hal ini Kementerian Pariwisata,"katanya.

RB memang tidak main-main dengan penerbangan langsungnya. Hampir setiap hari RB dari Brunei langsung ke tiga kota di tanah air tersebut. Sebut saja, Jakarta sebanyak 6 kali seminggu, Surabaya 6 kali seminggu, Denpasar sebanyak 5 kali seminggu. Lantas mengapa memilih Lombok?

"Lombok destinasi yang juga siap. Bandaranya internasional, dekat dengan Bali. Karena mayoritas masyarakat Brunei muslim, tentu sangat cocok dengan Lombok. Apalagi saya dengar mereka terkenal dengan wisata halalnya,"kata Alirahim.

BERITA TERKAIT

Asisten Deputi Pemasaran I Regional II Kemenpar Sumarni mengatakan, penerbangan langsung merupakan salah satu aspek yang sangat penting untuk pariwisata Indonesia. Wanita yang biasa disapa Marni itu juga optimis dengan pasar Brunei.

"Selain ke tiga kota besar tersebut, Brunei juga bisa menggunakan Bandara Changi Singapura sebagai penghubung ke 13 kota di Indonesia. Jadi Brunei sudah sangat terbuka untuk datang ke Indonesia. Silahkan nikmati negara kami, negara kami punya semuanya,"kata Sumarni yang juga diamini Kepala Bidang Pemasaran Area III Asdep Pengembangan Pemasaran I Regional II Kemenpar Sapto Haryono.

Melihat peluang RB membawa banyak wisatawan ke Indonesia, Kemenpar sangat cerdas dalam mengikuti pameran dan memanfaatkan momentum tersebut.

Bertempat di International Convention Center Kementerian Hal Ehwal Luar Negeri dan Perdagangan, Jalan Stadium, Bandar Seri Begawan BB3910, Brunei Darussalam, Booth Kementerian yang dipimpin oleh Arief Yahya itu berdiri megah tepat disamping Booth Royal Brunei.

Maskapai tersebut juga menjual beberapa paket murah untuk terbang ke Indonesia. Momentum itu juga di manfaatkan oleh sellers-sellers Indonesia yang ikut pameran tersebut.

"Di tiga kota besar itu, kita punya semuanya. Ada Gunung, Sawah, Pantai, Wisata Buatannya, Wisata Budayanya semua bisa dinikmati dengan indah di negara kami. Yang juga sangat pentingnya, dari penduduk di Brunei Darussalam sebanyak 450 ribu orang penduduk asli dan belum ditambah expatriat yang ada di Brunei,"kata Sapto Haryono.

Sapto juga berkomentar bahwa rencana penerbangan RB ke Lombok merupakan rencana yang sangat bagus. Kata Sapto,
Lombok beberapa waktu lalu dicanangkan menjadi objek wisata halal. Pencanangan ini tentu memberikan banyak keuntungan. Salah satunya adalah segmentasi pasarnya jelas.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas