Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Di ASEAN MTWG ke-40, Indonesia Paparkan Program - Program Strategis Transportasi Laut

KM Gloria 28 adalah kapal kargo konvensional yang telah beroperasi melakukan aktivitas ekspor impor antara Filipina Selatan dan Indonesia Timur.

Di ASEAN MTWG ke-40, Indonesia Paparkan Program - Program Strategis Transportasi Laut
Istimewa
Di ASEAN MTWG ke-40, Indonesia Paparkan Program - Program Strategis Transportasi Laut. 

TRIBUNNEWS.COM - Kementerian Perhubungan cq. Direktorat Jenderal Perhubungan Laut memiliki banyak program dan kegiatan di sektor transportasi laut berskala internasional di bawah Kuala Lumpur Transport Strategic Plan (KLTSP) 2016-2025. Program-program ini dipaparkan dalam pertemuan ASEAN Maritime Transport Working Group (MTWG) ke-40 yang digelar secara virtual yang secara resmi ditutup kemarin (10/3).

Plt. Kasubdit Angkutan Laut Luar Negeri Direktorat Lalu Lintas dan Angkutan Laut Kementerian Perhubungan, Yudhonur Setyaji menjelaskan KLTSP adalah rencana induk 10 (sepuluh) tahun untuk sektor transportasi ASEAN, yang bertujuan untuk meningkatkan integrasi ekonomi regional.

“Pertama, Indonesia telah mengerjakan proyek pembangunan jalan untuk mendukung akses pelabuhan, misalnya pembangunan Jalan Tol Lintas Sumatera, Tol Manado-Bitung, dan Tol Balikpapan-Samarinda,” kata Yudho, di Jakarta, Rabu (10/3).

Dalam hal ini, Yudho menyampaikan informasi terbaru tentang mekanisme koordinasi nasional antara infrastruktur di pelabuhan dan jalan untuk akses yang lebih baik ke pelabuhan. Indonesia menyampaikan bahwa koordinasi pembangunan akses jalan dari dan ke pelabuhan dimotori oleh Kemenko Perekonomian sedangkan pembangunan jalan merupakan wewenang Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Adapun pembangunan infrastruktur Pelabuhan merupakan wewenang Kementerian Perhubungan.

Kedua, Yudho mengungkapkan Indonesia juga menyampaikan perkembangan dari pengimplementasian Rute RoRo Dumai-Malaka, yang merupakan Pilot Project untuk ASEAN Single Shipping Market (ASSM), serta Rute RoRo Bitung-Davao/General Santos.

“Terlepas dari efek Pandemi Covid-19 terhadap dunia pelayaran, KM Gloria 28 sepanjang tahun 2020 dapat tetap melakukan voyage selama 3 atau 4 kali dalam setahun,” ujarnya.

KM Gloria 28 adalah kapal kargo konvensional yang telah beroperasi melakukan aktivitas ekspor impor antara Filipina Selatan dan Indonesia Timur. Pemerintah Indonesia dan Filipina telah sepakat untuk mempertahankan rute tersebut, dan tidak membatasi pelayaran hanya dilayani oleh kapal RoRo saja. Ada juga Jalur Ekspres Reefer dengan basis di Manila, yang diusulkan untuk berlayar dengan rute tersebut dan seterusnya ke Cina, Vietnam (Ho Chi Minh), atau Lahad Datu (Malaysia) dengan kapal MV. Baltic Summer yang akan difokuskan untuk membawa kargo kering dan beku.

“Sedangkan terkait Rute Dumai-Malaka, Pemerintah Indonesia dan Malaysia telah sepakat untuk menunda diskusi lebih lanjut dikarenakan oleh Pandemi Covid-19. Namun demikian, masing-masing negara tetap mempersiapkan dan mengadakan konsultasi internal untuk dapat melanjutkan pembahasan pada kesempatan pertama,” kata Yudho.

Ketiga, Indonesia menegaskan komitmen untuk mendukung Green Ship Strategy dengan menetapkan kewajiban penggunaan bahan bakar Low Sulfur (maksimal 0,5 % m/m), termasuk pengunaan Bahan Bakar B20 dan B30 yang memiliki kandungan sulfur di bawah 0,5 m/m; kewajiban penggunaan Scrubber bagi kapal yang masih menggunakan bahan bakar high sulfur; Kewajiban penerapan energy efficiency untuk mengurangi Emisi CO2; Peremajaan Kapal, yang dimulai dari kapal-kapal milik negara; Penggunaan alat bantu navigasi yang ramah lingkungan dengan energi surya (Solar Cell); serta kewajiban pelaporan konsumsi bahan bakar kapal untuk semua kapal berbendera Indonesia.

“Kami juga menyampaikan program terbaru Ditjen Perhubungan Laut, yaitu Peluncuran Aplikasi Pelaporan Konsumsi Bahan Bakar Kapal untuk semua kapal berbendera Indonesia, yang dapat digunakan di mana saja dengan gratis,” imbuhnya.

Halaman
123
Ikuti kami di
Editor: Content Writer
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas