Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Kementerian PUPR Bangun Kampus Baru Politeknik PU: Berstandar Internasional & Siap Cetak SDM Handal

Sedangkan untuk pembangunan Asrama Mahasiswa bertingkat 10 lantai dilengkapi area parkir berkapasitas 165 mobil dikerjakan oleh Ditjen Perumahan. 

Kementerian PUPR Bangun Kampus Baru Politeknik PU: Berstandar Internasional & Siap Cetak SDM Handal
PUPR
Penandatanganan kontrak paket pekerjaan Pembangunan Gedung Workshop Politeknik Pekerjaan Umum Kota Semarang di Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW), Jumat (23/4/2021). 

TRIBUNNEWS.COM - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah melakukan pengembangan Kampus Baru Politeknik Pekerjaan Umum (PU) berstandar internasional. Pembangunan tersebut nantinya akan memanfaatkan lahan seluas 30 hektar milik Ditjen Bina Marga di Kota Semarang, Jawa Tengah.

Pembangunan Kampus Baru Politeknik PU dilakukan oleh Direktorat Prasarana Strategis, Ditjen Cipta Karya, yang terdiri dari Gedung Direktorat dengan 4 lantai seluas 4.520 m2, dan dilengkapi area parkir seluas 1700 m2 berkapasitas 47 mobil, Gedung Auditorium seluas 2.448 m2 dengan area parkir berkapasitas 16 mobil, Gedung UKM seluas 3.540 m2 dengan 5 lantai, Masjid 1 lantai, dan lapangan upacara serta sarana olahraga Gate Ball.

Sedangkan untuk pembangunan Asrama Mahasiswa bertingkat 10 lantai dilengkapi area parkir berkapasitas 165 mobil dikerjakan oleh Ditjen Perumahan. 

Adapun langkah awal yang dilakukan oleh PUPR dengan menandatangani kontrak paket pekerjaan Pembangunan Gedung Workshop Politeknik Pekerjaan Umum Kota Semarang di Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW), Jumat (23/4/2021).

Turut hadir dalam acara tersebut yakni Direktur Politeknik PU Prof. Indratmo Soekarno, Wakil Direktur II Bidang Administrasi Umum Masrianto, dan perwakilan dari Kontraktor Pelaksana PT Adhi Karya serta Konsultan Manajemen Konstruksi PT Ciriajasa EC KSO Saranabudi Prakarsaripta.

Menurut Menteri PUPR Basuki Hadimuljono Politeknik PU akan terus dikembangkan sebagai lembaga pendidikan yang unggul dan unik. Pengembangan ini merupakan bagian dari komitmen Kementerian PUPR dalam mendukung peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) unggul melalui penyediaan infrastruktur pendidikan.

 “Keunikan dari Politeknik PU adalah adanya program belajar spesial, di mana para siswa akan lebih banyak belajar di lapangan dibanding di kelas. Satu semester belajar di kelas, tiga semester di lapangan. Jadi nanti yang lulus bisa langsung bekerja. Alatnya yang digunakan sesuai dengan yang dipakai Kementerian PUPR," tutur Menteri Basuki.

Direktur Bina Penataan Bangunan Ditjen Cipta Karya Boby Ali Azhari mengatakan, pembangunan Gedung Workshop ini merupakan langkah awal pembangunan Kampus Politeknik PU.

 “Karena dalam pembangunan ini terbagi dalam dua tahap pelaksanaan yaitu tahap 1 Pembangunan Gedung Workshop dan tahap 2 adalah Pembangunan Gedung UKM, Tower Ruang Kelas dan Laboratorium Politeknik PU,” terang Boby.

Kementerian PUPR Bangun Kampus Baru Politeknik PU: Berstandar Internasional & Siap Cetak SDM Handal
Salah satu desain Kampus Baru Politeknik PU Berstandar Internasional.

Diharapkan dapat kegiatan ini bisa menjadi percontohan bagi kegiatan penyelenggaraan pembangunan bangunan gedung negara yang memenuhi persyaratan teknis dan persyaratan administrasi.

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: Content Writer
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas