Tribun

Resmi, Pelayaran Perdana Kapal Tol Laut KM Logistik Nusantara 4 di Pelabuhan Patimban

Pelabuhan Patimban merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) yang kini hadir melayani masyarakat dengan tambahan pelayanan baru.

Editor: Content Writer
zoom-in Resmi, Pelayaran Perdana Kapal Tol Laut KM Logistik Nusantara 4 di Pelabuhan Patimban
dok. Kemenhub
KM Logistik Nusantara 4 ini tiba untuk pelayanan Tol Laut perdana di Pelabuhan Patimban pada tanggal 13 September pukul 06.00 WIB dan diberangkatkan kembali pada tanggal 14 September 2022 jam 17.00. 

TRIBUNNEWS.COM - Pelabuhan Patimban yang berlokasi di Kabupaten Subang, Jawa Barat kini telah resmi menjadi salah satu pelabuhan singgah Tol Laut trayek T-3. Ditandai dengan Seremonial Pelepasan Perdana Muatan Kapal Tol Laut KM Logistik Nusantara 4, di Dermaga Pelabuhan Patimban, Selasa (14/9).

KM Logistik Nusantara 4 ini tiba untuk pelayanan Tol Laut perdana di Pelabuhan Patimban pada tanggal 13 September pukul 06.00 WIB dan diberangkatkan kembali pada tanggal 14 September 2022 jam 17.00.

Direktur Jenderal Perhubungan Laut, Arif Toha mengungkapkan dengan dijadikannya Pelabuhan Patimban sebagai Pelabuhan singgah pada trayek T-3 maka diharapkan akan terciptanya jalur perdagangan baru dari dan menuju wilayah Provinsi Jawa Barat.

"Sehingga hasil bumi maupun produk-produk daerah lainnya dapat di distribusikan ke luar daerah yang membutuhkan, begitupun sebaliknya kebutuhan pokok daerah Provinsi Jawa Barat diharapkan juga dapat terpenuhi," ujar Dirjen Arif.

Sementara itu, Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut, Capt Hendri Ginting mengungkapkan Pelabuhan Patimban menjadi pelabuhan singgah dari trayek T-3 dengan rute pelayanan yang berpangkalan di Tj. Priok - Kijang – Letung – Tarempa – Pulau Laut – Selat Lampa – Subi – Serasan – Midai – Kijang – Patimban dan kembali lagi ke Tj. Priok.

"Trayek ini dilayani oleh Kapal KM. Logistik Nusantara 4 dengan kapasitas daya angkut mencapai 115 Teus, dengan waktu tempuh kurang lebih 3 (tiga) minggu," ujarnya.

Pelabuhan Patimban merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) yang kini hadir melayani masyarakat dengan tambahan pelayanan baru yaitu program Tol Laut.

Diharapkan ke depannya Tol Laut ini menjadi integrator ekonomi dan meningkatkan efisiensi pengiriman barang antarwilayah tertentu juga semakin meningkatkan pertumbuhan di banyak sektor.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Patimban, Yan Prastomo Ardi mengungkapkan pada pelayaran perdananya ini KM Logistik Nusantara 4 mengangkut sebanyak 5 (lima) kontainer terdiri dari 4 (empat) kontainer semen dan 1 (satu) kontainer buah mangga dari Pelabuhan Patimban yang diangkut ke daerah 3TP di wilayah Kepri dan Natuna.

"Ini baru pelayaran perdana, ke depannya Tol Laut akan mengangkut komoditi lain seperti minyak goreng maupun hasil pertanian dan hasil panen daerah Subang. Dan diharapkan akan menjadi muatan rutin Tol Laut dari Patimban," ujar Yan.

Plt Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kemendag, Syailendra dalam sambutannya mengapresiasi program Tol Laut yang kini hadir di Pelabuhan Patimban. Dia berharap hal ini dapat memberikan kontribusi dalam distribusi logistik terutama ke wilayah 3TP sehingga dapat menekan disparitas harga.

"Kemendag mendukung Pelabuhan Patimban sebagai Pelabuhan Singgah tol laut," tutupnya.

Sebagai informasi, kegiatan seremonial Pelepasan Kapal Tol Laut KM Logistik Nusantara turut dihadiri oleh Tenaga Ahli Menteri Perhubungan Bidang Pelayanan Transportasi Laut dan Kemaritiman; perwakilan Kementerian Koordinator Kemaritiman Dan Investasi; Kementerian Koperasi Dan UKM; Kementerian Pertanian; Kementerian Perdagangan; Kementerian Kelautan Dan Perikanan; Kepala Badan Pangan Nasional; Ketua Satgas Pangan Polri; Ketua Umum Aprindo (Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia); Direktur Utama PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero); Direktur Utama PT Semen Indonesia Tbk; dan Direktur Utama PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero).(*)

Ikuti kami di
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas