Tribun

Peringati Hari Maritim Nasional, Kemenhub Komitmen Menghubungkan Indonesia untuk Ekonomi Berdaya

Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan berkomitmen menjadikan Indonesia negara yang berdaya dengan transportasi laut.

Editor: Content Writer
zoom-in Peringati Hari Maritim Nasional, Kemenhub Komitmen Menghubungkan Indonesia untuk Ekonomi Berdaya
Istimewa
Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Arif Toha dalam rangka memperingati Hari Menara Suara Nasional pada 22 September dan Hari Maritim Nasional pada 23 September 2022. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Indonesia merupakan salah satu negara maritim terbesar di dunia, dengan lautan luas yang menghubungkan belasan ribu pulau dari Sabang hingga Merauke.

Hal ini mendasari Kementerian Perhubungan dalam hal ini Direktorat Jenderal Perhubungan Laut untuk menjadikan Indonesia sebagai negara yang berdaya dan berdaulat secara ekonomi dengan transportasi laut yang selamat dan aman.

Komitmen ini disampaikan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Arif Toha dalam rangka memperingati Hari Menara Suara Nasional pada 22 September dan Hari Maritim Nasional pada 23 September 2022.

"Tugas kami adalah menyediakan transportasi laut yang selamat, aman, nyaman, efektif, efisien dan tepat sasaran agar transportasi laut ini dapat menjadi pilar yang dapat menggerakkan roda perekonomian dan memperlancar distribusi logistik serta mobilisasi masyarakat," ujar Dirjen Arif.

Menghubungkan Indonesia Dengan Transportasi Laut Berkeselamatan

Dirjen Arif mengungkapkan saat ini Indonesia memiliki 285 Menara Suar (Mercusuar) yang dikelola 25 Kantor Distrik Navigasi.

Menara suar merupakan salah satu Sarana Bantu Navigasi Pelayaran (SBNP) penunjang keselamatan dan kelancaran lalu lintas pelayaran.

"Keberadaan menara suar sangat vital bagi Indonesia yang merupakan negara kepulauan, karena fungsi utamanya adalah menjaga keselamatan pelayaran sesuai dengan tema hari Menara Suar tahun ini yaitu Cerlang Suar Wujudkan Keselamatan Pelayaran Indonesia," ujar Dirjen Arif.

Dirjen Arif menegaskan, pada momentum Hari Menara Suar yang ke-8 ini diharapkan semua pihak dapat terus mengingat betapa pentingnya mewujudkan pelayaran dan transportasi laut yang berkeselamatan.

Selain itu, menara suar juga merupakan salah satu komponen dalam penyelenggaraan keamanan negara karena keberadaaanya mempertegas dan memperkuat batas wilayah NKRI.

Halaman
1234
Ikuti kami di
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas