Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Peningkatan Kompetensi Surveyor Hidrografi Kategori B Kenavigasian Selesai Dilaksanakan

Kegiatan ini Kerja sama antara Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Kenavigasian Direktorat Jenderal Perhubungan Laut dengan PUSHIDROSAL.

Editor: Content Writer
zoom-in Peningkatan Kompetensi Surveyor Hidrografi Kategori B Kenavigasian Selesai Dilaksanakan
dok. Kemenhub
Penutupan Kegiatan Peningkatan Kompetensi Surveyor Hidrografi Kategori B Kenavigasian Tahun 2022 pada Kamis (15/2) di Mako Pushidrosal, Jakarta Utara. 

TRIBUNNEWS.COM - Setelah berlangsung selama 6 (enam) bulan sejak 15 Juni 2022 sampai dengan 15 Desember 2022, kegiatan Peningkatan Kompetensi Surveyor Hidrografi Kategori B Kenavigasian Tahun 2022 selesai dilaksanakan.

Kegiatan ini merupakan kerja sama antara Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Kenavigasian Direktorat Jenderal Perhubungan Laut dengan Pusat Hidro-Oseanografi Angkatan Laut (PUSHIDROSAL).

Direktur Jenderal Perhubungan Laut, Arif Toha, hadir dalam Penutupan Kegiatan Peningkatan Kompetensi Surveyor Hidrografi Kategori B Kenavigasian Tahun 2022 pada Kamis (15/2) di Mako Pushidrosal, Jakarta Utara.

Menurut Dirjen Arif, kegiatan ini merupakan upaya untuk meningkatkan kualitas dari Sumber Daya Manusia (SDM) agar lebih terampil dalam ilmu hidrografi. Diharapkan para Surveyor yang tersebar pada kelompok pengamatan laut di seluruh Distrik Navigasi yang ada di Indonesia bisa lebih memahami pentingnya hidrografi dan dapat lebih bersinergi dengan PUSHIDROSAL sebagai Lembaga Hidrografi Nasional, untuk ikut serta dalam mengisi data hidrografi nasional.

”Saya menyadari bahwa tenaga Surveyor yang kita miliki saat ini sangat sedikit. Oleh karena itu, saya sangat mengapresiasi penyelenggaraan kegiatan ini untuk meningkatkan keterampilan SDM, khususnya dalam menciptakan tenaga-tenaga Surveyor Hidrografi yang terampil, profesional, dan diakui sertifikasinya secara Internasional,” ujarnya.

Lebih lanjut Dirjen Arif menjelaskan, faktor utama dalam perencanaan suatu alur pelayaran yang aman adalah dengan diadakannya survei hidrografi yang memiliki peran sentral di setiap kegiatan kemaritiman dan menjadi centre of gravity dalam pembangunan kemaritiman nasional, termasuk di antaranya pengembangan Tol Laut serta penempatan Indonesia sebagai poros maritim dunia.

“Adanya dukungan layanan hidrografi nasional yang aman dan efisien tentunya akan turut mendorong perkembangan perekonomian, Selain itu dapat membantu upaya perlindungan lingkungan maritim dan mendukung pengelolaan zona maritim nasional secara berkelanjutan,” imbuhnya.

BERITA TERKAIT

Pihaknya berharap kegiatan ini dapat terus dilaksanakan dan ke depan kerjasama yang baik antara Kementerian Perhubungan dengan PUSHIDROSAL dapat terus terjalin sehingga dapat terus menghasilkan SDM yang andal di bidang hidrografi. Adapun kegiatan ini diikuti oleh para tenaga Surveyor Distrik Navigasi di seluruh Indonesia.

Pada kesempatan terebut, Komandan PUSHIDROSAL, Laksamana Madya Nurhidayat, juga menyampaikan terimakasih atas kerjasama dan kolaborasi antara Direktorat Jenderal Perhubungan Laut dengan PUSHIDROSAL dan berharap kerjasama ini bisa memajukan pelayanan keselamatan pelayaran di Indonesia.(*)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas