Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Lestari Moerdijat: Pengembangan Sektor UMKM Harus Manfaatkan Beragam Potensi di Pedesaan

Menurut Lestari, sejumlah potensi di desa seperti sumber daya alam dan pariwisata harus bisa dimanfaatkan dan dikembangkan melalui skema UMKM.

Editor: Content Writer
zoom-in Lestari Moerdijat: Pengembangan Sektor UMKM Harus Manfaatkan Beragam Potensi di Pedesaan
Istimewa
Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat. 

TRIBUNNEWS.COM - Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat menegaskan bahwa pengembangan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) harus disinergikan dengan pemanfaatan berbagai potensi di pedesaan sebagai bagian dari upaya untuk mengakselerasi pertumbuhan ekonomi nasional.

"Sektor UMKM dan sejumlah potensi yang ada di perdesaan harus disinergikan pengembangannya sebagai bagian dari upaya mengakselerasi pertumbuhan ekonomi nasional," kata Lestari dalam keterangan tertulisnya, Kamis (18/4/2024).

Menurut Lestari, sejumlah potensi di desa seperti sumber daya alam, pariwisata, industri kreatif, pertanian dan kearifan lokal, harus bisa dimanfaatkan dan dikembangkan melalui skema UMKM.

Baca juga: Lestari Moerdijat: Kolaborasi Lintas Sektor Harus Diperkuat untuk Hadapi Dampak Perubahan Iklim




Kementerian Koperasi dan UKM sendiri memproyeksikan pertambahan pelaku UMKM pada 2034 mencapai 83,3 juta pengusaha yang mampu berkontribusi bagi perekonomian Indonesia.

Rerie (sapaan akrab Lestari) berharap, pengembangan sektor UMKM dengan berbasis potensi desa, yang memiliki beragam klaster usaha itu mampu memenuhi kebutuhan masyarakat di perdesaan, sekaligus berpotensi memenuhi kebutuhan nasional.

Terlebih, Rerie yang juga legislator dari Dapil II Jawa Tengah itu menyebut, berdasarkan catatan Kementerian Koordinator bidang Perekonomian pada 2023, sektor UMKM memberikan kontribusi terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) sebesar 61 persen, atau senilai dengan Rp9.580 triliun.

Baca juga: Lestari Moerdijat: Pemerataan Pendidikan Harus Menjadi Perhatian Serius

Dorongan pengembangan sektor UMKM dengan pemanfaatan beragam potensi di pedesaan, menurutnya harus menjadi kepedulian bersama, agar sektor UMKM dapat terus meningkatkan kontribusinya dalam pertumbuhan perekonomian nasional.

BERITA TERKAIT

Karenanya, ia berharap agar sinergitas pengembangan sektor UMKM dan pemanfaatan beragam potensi desa dapat dibangun dengan baik, sehingga mampu menciptakan pertumbuhan ekonomi yang lebih merata dalam rangka mewujudkan masyarakat Indonesia yang adil dan makmur sesuai amanah konstitusi kita.(*)

Baca juga: Demak Terancam Tenggelam, Lestari Moerdijat: Penanggulangan Banjir di Pantura harus Tepat dan Segera

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of

asia sustainability impact consortium

Follow our mission at sustainabilityimpactconsortium.asia

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas