Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Seminggu Sebelum HUT ke-79 RI Masih Pakai HT, Kini Masyarakat Desa Ilan Batu Uru Dapat Wi-Fi Gratis

Warga Desa Ilan Batu Uru sudah bisa mengakses internet bertepatan dengan HUT ke-79 Republik Indonesia.

Editor: Content Writer
zoom-in Seminggu Sebelum HUT ke-79 RI Masih Pakai HT, Kini Masyarakat Desa Ilan Batu Uru Dapat Wi-Fi Gratis
Tribunnews/Apfia Tioconny Billy
Warga Desa Ilan Batu Uru sudah bisa mengakses internet bertepatan dengan HUT ke-79 Republik Indonesia. 

TRIBUNNEWS.COM - Masyarakat Desa Ilan Batu Uru, Luwu, Sulawesi Selatan sudah hampir seminggu terakhir merasakan akses internet melalui jaringan Wi-Fi gratis yang tersedia di tiga titik lokasi.

Warga kini ramai berkumpul di Posyandu Kamboja 2, di Rumah Desa Sehat maupun SMP Sapta Paranta untuk mencari sinyal internet supaya mendapatkan informasi terbaru maupun berkomunikasi dengan keluarga di luar daerah.

Sebelumnya untuk berkomunikasi warga Desa Ilan Batu Uru menggunakan handy talky (HT), sebab jaringan seluler pun belum ada.

Beberapa warga sudah memiliki handphone, namun untuk mengakses jaringan seluler maupun internet mereka harus naik motor atau berjalan kaki menerjang jalan berbatu hingga belasan kilometer.

Warga Desa Ilan Batu Uru mulai bisa mengakses Wi-Fi gratis tersebut sejak 12 Agustus 2024 atau sekitar seminggu sebelum Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-79 Republik Indonesia.

Akses Wi-Fi gratis ini disediakan oleh Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Kepala Desa Ilan Batu Uru Lipu Hardiyanto menceritakan bahkan sebelumnya saat ada warga yang sakit harus diangkat dengan tandu sekitar tujuh kilometer ke puskesmas.

BERITA TERKAIT

Dengan adanya Wi-Fi yang terpasang di Posyandu, kini bisa langsung menghubungi puskesmas terdekat.

Bahkan bisa menggunakan layanan video call sehingga petugas kesehatan bisa melihat warga yang sakit dan memberikan arahan pertolongan pertama sambil menunggu ambulance datang.

“Dengan adanya internet ini, petugas posyandu kami langsung bisa menghubungungi pihak puskesmas kalau ada yang sakit, butuh mobil atau motor bisa kasih info dengan internet,” kata Lipu, ditemui di Posyandu Kamboja II, Sabtu (17/8/2024).

Lipu pun berharap akses Wi-Fi gratis ini dapat diperbanyak bahkan ia mendambakan desanya bisa di pasang tower Base Transceiver Station (BTS) sehingga akses internet bisa semakin lebih mudah.

“Mudah-mudahan bisa menambah lagi sekitar 8 unit Wi-Fi gratis sehingga seluruh dusun di desa kami bisa menikmati apa yang dinikmati orang-orang di kota sana,” ucap Lipu.

Baca juga: Naik Motor Trail, Dirut Bakti Kominfo Cek Wi-Fi Gratis di Pelosok Kabupaten Luwu

Kemudian Citra Siswi SMP Satap Taranta menyatakan kini sejak ada internet ia lebih mudah mencari tahu informasi soal cara-cara membuat kerajinan tangan untuk tugas prakarya di sekolah.

“Sekarang sudah bisa google kalau ingin cari tahu ini, saya bisa tahu info-info bikin prakarya, bahasa inggris juga,” ungkap Citra.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas