Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Buka Seminar Perpustakaan MPR, Siti Fauziah Tekankan Pentingnya Personal Branding bagi Pustakawan

Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Jenderal MPR RI Siti Fauziah menyatakan bahwa membangun personal branding bagi seorang pustakawan sangatlah penting.

Editor: Content Writer
zoom-in Buka Seminar Perpustakaan MPR, Siti Fauziah Tekankan Pentingnya Personal Branding bagi Pustakawan
Istimewa
Siti Fauziah di acara Seminar Perpustakaan MPR dengan tema ‘Membangun Personal Branding Pustakawan Di Era Digital’, di Ruang Delegasi, Gedung Nusantara IV, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (29/8/2024) 

TRIBUNNEWS.COM - Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Jenderal MPR RI Siti Fauziah menyatakan bahwa membangun personal branding bagi seorang pustakawan sangatlah penting. Personal branding ini dapat membentuk citra positif perpustakaan di mata pemustaka, yang pada akhirnya akan menjadikan perpustakaan sebagai pusat informasi yang dihormati dan dipercaya.

“Selain itu, pustakawan akan lebih mudah dikenali dan diingat oleh masyatakat serta akan dijadikan sebagai sumber informasi yang terpercaya dan profesional,” ujar Siti Fauziah, dalam sambutannya di acara Seminar Perpustakaan MPR dengan tema ‘Membangun Personal Branding Pustakawan Di Era Digital’, di Ruang Delegasi, Gedung Nusantara IV, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (29/8/2024).

Hadir dalam acara sebagai narasumber antara lain, Pustakawan Madya Perpustakaan Universitas Indonesia Kalarensi Naibaho, Pustakawan Ahli Utama Perpustakaan Nasional RI Muhammad Syarif Bando dan Pustakawan Madya Perpustakaan Kementan RI Juznia Andriani.




Siti Fauziah atau yang akrab dipanggil Ibu Titi ini menyatakan bahwa tema seminar yang dipilih sangat menarik karena menekankan pentingnya personal branding sebagai elemen yang harus ada dan melekat dalam diri seorang pustakawan, terutama di era digital yang serba cepat dan efisien.

Di era digital seperti saat ini, tidak akan ada lagi perpustakaan yang hanya berfungsi sebagai tempat untuk meminjam buku dengan sistem administrasi manual, seperti mencari buku dan mencatat peminjaman pada lembar yang diselipkan di sampul belakang buku.

“Kini semuanya berubah mengikuti perkembangan jaman. Di era digital ini seluruh isi perpustakaan berada di genggaman tangan, melalui smart phone atau gawai yang dimiliki. Sistem administrasi pun full high tech. Peran pustakawan tidak lagi terbatas pada pengelolaan buku atau sumber daya informasi fisik saja. Pustakawan kini dihadapkan pada tantangan untuk menjadi fasilitator informasi yang aktif, inovatif dan dapat dipercaya. Melihat fakta itu, para pustakawan harus mengikuti agar tidak tertinggal. Di era ini, memunculkan personal branding menjadi satu kebutuhan dan hal yang tidak bisa diabaikan,” terangnya.

Baca juga: Siti Fauziah: Wanita Indonesia Turut Berperan Besar dalam Kemerdekaan dan Pembangunan Bangsa

Yang perlu diingat, lanjut Ibu Titi, membangun personal branding bukanlah hal yang bisa dilakukan dalam waktu semalam. Ini adalah proses yang membutuhkan waktu, konsistensi dan dedikasi.

BERITA TERKAIT

“Melalui seminar ini, saya berharap kita semua dapat belajar dan saling berbagi tentang cara-cara yang efektif untuk membangun personal branding yang kuat. Satu lagi, kita ingin menciptakan sebuah forum dimana para pustakawan dapat bertukar ide, pengalaman dan pengetahuan terkait pengembangan diri di era digital,” tandasnya.

Sebelumnya, Kepala Biro Humas dan Sistem Informasi Setjen MPR Anies Mayangsari Muninggar menjelaskan bahwa acara Seminar Perpustakaan tersebut, adalah salah satu dari empat acara menarik yang diinisiasi Biro Humas Setjen MPR dan dibuka secara resmi oleh Plt Sesjen MPR, dalam rangka memeriahkan peringatan HUT MPR Ke-79.

Tiga acara lainnya meliputi Lomba Karya Jurnalistik yang bekerja sama dengan Koordinatoriat Wartawan Parlemen (KWP). Nantinya, 10 kandidat pemenang akan dipamerkan selama tiga hari, dari 29 hingga 31 Agustus 2024. Kemudian, ada Pameran Perpustakaan yang juga berlangsung selama tiga hari, dari 29 hingga 31 Agustus 2024. Acara terakhir adalah Bicara Buku Bersama Wakil Rakyat. (*)

Baca juga: Siti Fauziah: Sinergitas Hubungan Antara Wartawan Parlemen dan MPR Terjalin Sangat Baik

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas