Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Lestari Moerdijat: Wujudkan Persatuan Demi Keutuhan Bangsa dan Negara

Wujudkan persatuan dan kesatuan di antara setiap warga negara demi menjaga keutuhan bangsa yang rawan terbelah akibat berbagai tantangan yang datang.

Editor: Content Writer
zoom-in Lestari Moerdijat: Wujudkan Persatuan Demi Keutuhan Bangsa dan Negara
Istimewa
Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat 

TRIBUNNEWS.COM - Wujudkan persatuan dan kesatuan di antara setiap warga negara demi menjaga keutuhan bangsa yang rawan terbelah akibat berbagai tantangan yang datang.

"Di masa lalu ada sebuah negara adidaya yang bernama Uni Soviet. Negara itu kini terbelah menjadi negara-negara kecil," kata Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat pada kegiatan Sosialisasi Empat Pilar MPR RI di hadapan kelompok masyarakat Woleng di Minahasa Selatan, Sulawesi Utara, Senin (9/9).

Tentu, ujar Lestari, kita tidak bisa membayangkan bila kondisi serupa terjadi di Indonesia.




Jangan-jangan, tegas Rerie, sapaan akrab Lestari, akan ada negara Minahasa, negara Bolaang Mongondow dan di Jawa ada negara Banyumas, negara Yogyakarta dan negara Solo.

Menurut Rerie yang juga anggota Komisi X DPR RI itu, kehancuran sebuah negara sangat mudah terjadi bila kita sebagai bangsa tidak mampu bersama-sama menjaga persatuan.

Lagu Sorak-Sorak Bergembira, jelas Anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu, menggambarkan rasa syukur kita kepada Tuhan atas kemerdekaan yang tidak mudah kita capai melalui perjalanan panjang.

Bersyukurlah bangsa Indonesia, tegas Rerie, meski terdiri dari masyarakat beragam agama, suku, dan bahasa, memiliki satu ideologi yang dibalut sebuah rasa dalam bangunan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan tatanan hukum yang ada dalam UUD 1945.

Baca juga: Lestari Moerdijat: Evaluasi Perencanaan Anggaran Pendidikan Harus Segera Dilakukan Agar Terpenuhi

BERITA TERKAIT

Pemahaman tentang empat konsensus kebangsaan yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika, jelas Rerie, merupakan bagian dari upaya kita mempertahankan keutuhan bangsa dan negara Indonesia. (*)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas