Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Lestari Moerdijat: Pengembangan Pariwisata Berkelanjutan Butuh Konsistensi Peningkatan Kualitas SDM 

Peningkatan kualitas SDM sangat dibutuhkan untuk merealisasikan pengembangan yang berkelanjutan dan pemanfaatan teknologi pada sektor pariwisata.

Editor: Content Writer
zoom-in Lestari Moerdijat: Pengembangan Pariwisata Berkelanjutan Butuh Konsistensi Peningkatan Kualitas SDM 
Istimewa
Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat saat menghadiri peragaan busana bertema Menggali Keindahan Budaya di NasDem Tower, Jakarta, Sabtu (24/8/2024). 

TRIBUNNEWS.COM - Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat menyebut bahwa peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) sangat dibutuhkan untuk merealisasikan pengembangan yang berkelanjutan dan pemanfaatan teknologi pada pembangunan sektor pariwisata nasional. 

"Kombinasi antara pemanfaatan teknologi dan pola pengembangan yang berkelanjutan diharapkan mampu mengakselerasi proses pembangunan pariwisata di tanah air," sebut Rerie (panggilan akrab Lestari) dalam keterangan tertulisnya, Jumat (20/9). 

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mencatat nilai devisa pariwisata telah mencapai US$7,46 miliar atau setara Rp113 triliun hingga Juli 2024.  Capaian tersebut telah melampaui target batas bawah yang ditetapkan sebesar US$7,38 miliar-US$13,08 miliar di 2024.

Baca juga: Lestari Moerdijat: Perubahan UUD NRI 1945 Harus Mampu Jawab Kebutuhan Kehidupan Bernegara

Sementara dua pekan lalu Komisi X DPR RI menyetujui pagu anggaran definitif Kemenparekraf untuk 2025 sebesar Rp1,7 triliun. Jumlah tersebut lebih rendah daripada pagu anggaran Kemenparekraf Rp3,5 triliun pada 2024.

Menurut Rerie, berbagai upaya harus konsisten ditingkatkan demi terus membuka potensi masuknya devisa dari sektor pariwisata, di tengah alokasi pendanaan yang terbatas. 

Ia menjelaskan, penguatan pada peningkatan kualitas SDM pariwisata bisa menjadi salah satu langkah strategis agar pengembangan sektor pariwisata nasional mampu mencapai target yang direncanakan. 

Baca juga: Rerie: Darurat Kesehatan Mental Remaja harus Menjadi Kepedulian Semua Pihak

Rerie yang juga anggota Komisi X DPR RI itu mengatakan upaya untuk mengakselerasi pertumbuhan sektor pariwisata melalui pemanfaatan teknologi dalam pengembangan pariwisata yang berkelanjutan, membutuhkan SDM pariwisata yang terampil. 

BERITA TERKAIT

Selain itu, akselerasi pengembangan pariwisata nasional sangat membutuhkan kesamaan visi antara pemerintah pusat dan  daerah di tanah air dalam merealisasikan setiap program pembangunan. 

Anggota Majelis Tinggi Partai NasDem tersebut menegaskan, dengan kolaborasi yang kuat dari para pemangku kepentingan diharapkan upaya untuk mengakselerasi pembangunan sektor pariwisata nasional dapat diwujudkan.(*)

Baca juga: Waka MPR RI Lestari Moerdijat: Destinasi Wisata yang Menarik, Butuh SDM Tersertifikasi

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas