Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Rapat Gabungan MPR Putuskan Gelar Sidang Paripurna 3 Oktober 2024 untuk Menetapkan Pimpinan MPR

Rapat Gabungan (Ragab) Pimpinan Sementara MPR dengan Pimpinan Fraksi /Kelompok DPD, yang digelar di Gedung Nusantara, Komplek Parlemen Senayan

Editor: Content Writer
zoom-in Rapat Gabungan MPR Putuskan Gelar Sidang Paripurna 3 Oktober 2024 untuk Menetapkan Pimpinan MPR
Istimewa
Rapat Gabungan (Ragab) Pimpinan Sementara MPR dengan Pimpinan Fraksi /Kelompok DPD, yang digelar di Gedung Nusantara, Komplek Parlemen Senayan, Rabu malam (2/10/2024) 

TRIBUNNEWS.COM - Pimpinan Sementara MPR dan Para Pimpinan Fraksi/Kelompok DPD d MPR, memutuskan menggelar Sidang Paripurna pada tanggal 3 Oktober 2024 untuk menetapkan susunan Pimpinan MPR RI Periode 2024-2029.

Keputusan tersebut keluar dalam Rapat Gabungan (Ragab) Pimpinan Sementara MPR dengan Pimpinan Fraksi /Kelompok DPD, yang digelar di Gedung Nusantara, Komplek Parlemen Senayan, Rabu malam (2/10/2024).

"Dalam Ragab, juga telah disepakati secara mufakat dan bulat bahwa calon Ketua MPR adalah calon yang diusulkan dari Fraksi Partai Gerindra yakni Ahmad Muzani," ujar Ketua Fraksi PDIP MPR Ahmad Basarah, kepada awak media massa nasional, usai Ragab.

Ahamd Muzani, lanjut Ahmad Basarah, akan didampingi oleh 8 Wakil Ketua MPR yang sudah ditetapkan oleh masing-masing fraksi partai politik di MPR dan Kelompok DPD.

Baca juga: Bamsoet Tegaskan Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Tanpa Ketetapan MPR

"Jadi, saat penyelenggaraan Sidang Paripurna MPR tanggal 3 Oktober 2024 pukul 10.00 WIB, kami harapkan teman-teman  media bisa datang dan meliput untuk menyebarkan kepada seluruh rakyat Indonesia bahwa hari itu  akan terbentuk Pimpinan MPR yang baru," tandasnya.

Sebagai informasi, saat Ragab berlangsung sampai selesai, sekitar pukul 21.00 WIB, masih berlangsung Rapat Pleno DPD RI, untuk menetapkan satu perwakilan dari Kelompok DPD, mengisi posisi sebagai Wakil Ketua MPR RI.

Haid akhir, Wakil Ketua DPD RI Tamsil Linrung 
Menetapkan Anggota DPD RI Dapil Sulawesi Tengah, Abcandra Muhammad Akbar Supratman, mewakili kelompok DPD untuk menjadi Wakil Ketua MPR RI periode 2024-2029.

BERITA REKOMENDASI

Abcandra berhasil meraih 93 suara mengungguli calon kuat anggota DPD RI Dapil Gorontalo Fadel Muhammad,  yang hanya mendapatkan 50 suara dalam mekanisme voting dua putaran yang diikuti 143 Anggota DPD  yang hadir, pada Rapat Pleno, Rabu malam, (2/10/2024).

Dengan keluarnya nama Ahmad Muzani sebagai Ketua MPR dari Fraksi Gerindra dan Abcandra sebagai Wakil Ketua MPR dari Kelompok DPD, praktis baru dua nama  yang secara resmi dirilis ke publik untuk menjadi Pimpinan MPR RI periode 2024-2029.  Nama-nama Pimpinan lainnya akan disampaikan pada saat Rapat Paripurna tanggal 3 Oktober 2024.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas