Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Wujudkan Pariwisata Berkualitas dan Berkelanjutan, Implementasi Program BGCE Harus Direalisasikan

Diharapkan program tersebut mampu menunjang program pengurangan emisi karbon, pelestarian sumber daya alam, budaya, serta tradisi lokal.

Editor: Content Writer
zoom-in Wujudkan Pariwisata Berkualitas dan Berkelanjutan, Implementasi Program BGCE Harus Direalisasikan
Istimewa
Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat saat menjadi pembicara pada acara bimbingan teknis bertema Pemulihan dan Transformasi Pembelajaran Melalui Penguatan Literasi dan Numerasi yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) di Tangerang, Banten, Kamis (26/9/2024). 

TRIBUNNEWS.COM - Pemerintah terus berupaya untuk mewujudkan pariwisata Indonesia yang berkualitas dan berkelanjutan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah implementasi program ekonomi biru, hijau, dan sirkular atau Blue Green and Circular Economy (BGCE) yang harus konsisten direalisasikan.

"Program-program yang baik untuk mewujudkan sektor pariwisata yang berkualitas harus konsisten dilanjutkan," kata Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, Senin (21/10). 

Akhir pekan lalu, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif meluncurkan program ekonomi biru, hijau, dan sirkular atau Blue Green and Circular Economy (BGCE) sebagai upaya mewujudkan pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan.

Diharapkan program tersebut mampu menunjang program pengurangan emisi karbon, pelestarian sumber daya alam, budaya, serta tradisi lokal.

Baca juga: Lestari Moerdijat: Jawab Tantangan Pembangunan dengan Efektivitas Pemerintahan

Menurut Lestari, program-program yang mendukung pembangunan berkelanjutan di sektor pariwisata nasional harus mendapat perhatian serius untuk dikembangkan. 

Rerie, sapaan akrab Lestari berpendapat keberlanjutan dalam pengembangan sektor pariwisata nasional merupakan langkah penting mengingat sektor pariwisata membutuhkan lingkungan, budaya dan kearifan lokal yang lestari agar sejumlah kawasan wisata nasional tetap memiliki daya tarik. 

Selain itu, jelas Rerie yang juga legislator dari Dapil II Jawa Tengah itu, peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM) pelaku pariwisata juga diperlukan agar mampu mewujudkan langkah keberlanjutan yang dicanangkan. 

BERITA REKOMENDASI

Anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu berpendapat dukungan menyeluruh pemerintah pusat dan daerah sangat diperlukan agar mampu merealisasikan sejumlah tujuan program BGCE, demi keberlanjutan di sektor pariwisata nasional. ***

Baca juga: Lestari Moerdijat Serukan Pentingnya Kesadaran Advokasi Tindak Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas