Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Bus Listrik Transjakarta: Wajah Masa Depan Transportasi Ibu Kota

Bus yang tengah diuji coba oleh Pemprov DKI Jakarta ini mengambil rute PP Balaikota Jakarta hingga Bundaran Hotel Indonesia.

Bus Listrik Transjakarta: Wajah Masa Depan Transportasi Ibu Kota
ISTIMEWA
Bus listrik Transjakarta yang sedang diuji coba di Ancol Taman Impian dapat dinikmati secara gratis oleh pengunjung sampai Jumat (7/6/2019). 

TRIBUNNEWS.COM – Terhitung sudah 7 bulan, tepatnya pada Senin (29/4/2019), bus listrik Transjakarta mengaspal. Bus yang tengah diuji coba oleh Pemprov DKI Jakarta ini mengambil rute PP Balaikota Jakarta hingga Bundaran Hotel Indonesia.

Langkah ini bisa dibilang revolusioner, sebab menjadi langkah nyata pemerintahan Anies Baswedan untuk meningkatkan kualitas udara di Jakarta.

“Kualitas udara kita membutuhkan perubahan yang drastis. Karena itu, kami di Pemprov DKI Jakarta sekarang mulai melakukan konversi atas kendaraan umum massal menggunakan listrik, kendaraan umum yang bebas emisi,” ujar Gubernur Anies usai uji coba ditemani Direktur Utama PT Transjakarta, Agung Wicaksono.

Anies juga mengungkapkan nantinya pengoperasian bus listrik akan ditambah. Pemprov DKI Jakarta dan Transjakarta saat ini masih menyelesaikan proses perizinan dan administrasi operasional bus listrik.

Lebih lanjut, Anies berharap keberadaan bus listrik dapat membawa dampak perubahan, terutama perubahan perilaku warga Ibu Kota untuk lebih memilih menggunakan transportasi massal yang ramah lingkungan.

“Pesan utamanya, Pemprov DKI Jakarta menyadari sekali pentingnya perubahan kita terkait lingkungan hidup. Kita berharap adanya bus listrik ini masyarakat bisa mengurangi kendaraan bermotor dan lebih banyak memilih kendaraan umum,” pesan Anies.

Uji coba akan dilaksanakan hingga 6 (enam) bulan. Namun, bila ditemukan kekurangan, uji coba akan dilanjutkan hingga 12 (dua belas) bulan.

Bus listrik yang diuji coba dibekali baterai berkapasitas 324 kWh yang mampu digunakan untuk menempuh jarak operasional rata-rata 250 km.

Bila menggunakan sumber listrik industri, bus listrik tersebut membutuhkan waktu 3,5 - 4 jam untuk sekali pengisian daya menggunakan arus listrik 40 ampere. Sedangkan, jika menggunakan fast charging 90 ampere, hanya membutuhkan waktu  2 - 3 jam.

Jadi Komitmen Penuh PT Transjakarta

Halaman
12
Ikuti kami di
Add Friend
Editor: Content Writer
  Loading comments...

Baca Juga

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas