Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Pojok Baca di Stasiun MRT, Penumpang Bisa Baca Sambil OTW Ngantor!

Mendirikan Pojok Baca di ruang publik, misalnya, adalah salah satu wujud kampanye #RuangBacaJakarta yang dilakukan Pemprov DKI. Salah satunya ialah ya

Pojok Baca di Stasiun MRT, Penumpang Bisa Baca Sambil OTW Ngantor!
Pemprov DKI Jakarta
Anies Baswedan saat hadiri ruang baca di Stasiun MRT Lebak Bulus, Minggu (8/9/2019). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Gerakan #BacaJakarta yang digemakan Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Provinsi DKI Jakarta pada April 2019 lalu, tampaknya memberikan kesinambungan signifikan terhadap geliat literasi di Jakarta.

Setelah memindahkan tanggung jawab pengelolaan PDS H.B. Jassin ke tangan Dispusip dan binaan Pemprov DKI, Pemprov DKI juga menunjukkan kesungguhannya dalam menggaungkan semangat membaca kepada masyarakat melalui beberapa program unggulan.

Misalnya, dengan melakukan wisata literasi di enam perpustakaan daerah, Hari Anak Jakarta Membaca yang dilaksanakan di Pasar Buku Kenari Pasar Jaya, aktivasi kegiatan di 38 Taman Baca Masyarakat, keikutsertaan difabel pada lomba-lomba literasi (mewarnai dan membaca buku braille), lomba literasi seni melalui Piala H.B. Jassin, hingga mendirikan Pojok Baca di berbagai ruang publik seperti Stasiun MRT.

Mendirikan Pojok Baca di ruang publik, misalnya, adalah salah satu wujud kampanye #RuangBacaJakarta yang dilakukan Pemprov DKI. Salah satunya ialah yang telah diluncurkan di Stasiun MRT Lebak Bulus, Jakarta, pada September lalu.

#RuangBacaJakarta merupakan gerakan yang mengajak warga Jakarta untuk membaca di ruang-ruang publik. Saat itu, Anies Baswedan turun langsung dan membaca di dalam MRT.

"Saya tadi baca buku kisah kisah inspiratif, kumpulan dari kantor berita Antara. Jadi kita hari ini meluncurkan ruang baca buku di stasiun MRT. Tadi kita mulai di stasiun Bundaran HI dan sekarang kita di Lebak Bulus, di sini juga ada,” terang Gubernur Anies, dalam keterangan tertulis yang diterima Tribunnews.

pojok baca mrt 1
Sejumlah pegiat literasi membaca buku saat kampanye #RuangBacaJakarta didalam Kereta MRT, Jakarta, Minggu, (8/9/2019). Kampanye ini merupakan gerakan MRT Jakarta untuk mendorong minat baca dan dan menjadikan membaca bagian dari gaya hidup masyarakat kota.

Kampanye #RuangBacaJakarta bertujuan meningkatkan literasi masyarakat Jakarta dengan menghadirkan fasilitas ruang membaca buku, sehingga masyarakat tetap dapat menyempatkan membaca buku di tengah padatnya aktivitas.

Baca: #BacaJakarta, Gebrakan Kreatif Pemprov DKI Giatkan Minat Baca Anak

Setiap Stasiun MRT Jakarta akan Punya Pojok Baca

Anies mengimbau PT MRT Jakarta untuk menyiapkan Pojok Baca, semacam perpustakaan kecil (micro-library), di setiap stasiun MRT.

"Saya minta di semua stasiun MRT disiapkan tempat perpustakaan, bukan perpustakaan dalam artian besar, tapi rak-rak buku," imbau Anies. Nantinya, penumpang MRT Jakarta dapat meminjam buku di stasiun keberangkatan untuk dibaca sepanjang perjalanan. Kemudian, buku tersebut dapat dikembalikan di stasiun tujuan.

Halaman
12
Ikuti kami di
Add Friend
Editor: Content Writer
  Loading comments...

Baca Juga

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas