Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Survei Penajaman Pemetaan Geologi Ke PJT II Dilakukan Inuki dan Wika Beton

INUKI mengundang PT Wijaya Karya Beton, Tbk. (WIKA Beton) sebagai mitra dalam pelaksanaan repair dan retrofitting, untuk melaksanakan survei lanjutan.

Survei Penajaman Pemetaan Geologi Ke PJT II Dilakukan Inuki dan Wika Beton
dok. INUKI
Survei Penajaman Pemetaan Geologi Ke PJT II 

TRIBUNNEWS.COM, PURWAKARTA - PT INUKI (Persero) melakukan kunjungan ke Bendungan dan PLTA Jatiluhur dalam rangka memberikan pelayanan komprehensif dan total solution terkait kebutuhan Jasa Inspeksi Teknik dan Non-Destructive Test terhadap bendungan dan irigasi Perum Jasa Tirta II (PJT II).

INUKI mengundang PT Wijaya Karya Beton, Tbk. (WIKA Beton) sebagai mitra dalam pelaksanaan repair dan retrofitting, untuk melaksanakan survei lanjutan dan pemetaan geologi.

Survey tersebut juga dihadiri langsung oleh Direktur Produksi PT INUKI (Persero), Bunjamin Noor, Direktur Teknik dan Produksi PT WIKA Beton, Sidiq Purnomo, serta General Manager Unit Usaha Wilayah IV Perum Jasa Tirta II, Anom Soal Herujito.

"Untuk menyelesaikan pekerjaan yang ada di Perum Jasa Tirta II, INUKI memberikan total solusi berupa analisa dan perbaikan konstruksi yang akan diberikan oleh Wika Beton,” ungkap Bunjamin Noor kepada media, Kamis (10/9/2020).

Survey penajaman dan pemetaan geologi di hari pertama pada tanggal 2 September 2020 dilakukan di Bendungan Jatiluhur oleh tim survey dari INUKI dan WIKA Beton.

Dalam survey tersebut dilakukan pengamatan secara visual pada retakan, pengamatan visual kebocoran dengan metode penggunaan radiotracer dan analisis geokimia untuk pengujian air, baik dari rembesan maupun sumber dari waduk.

Pada hari berikutnya (3/9/2020) dilakukan pengamatan pada Bendungan Salamdarma untuk mengecek retakan pada pintu pangkal gedung secara visual dan dilakukan pengukuran retakan menggunakan metode bimetri untuk mengetahui ada tidaknya gerusan di dasar tanggul.

Setelah itu, dilakukan pengamatan saluran irigasi BTB 9C dan 10C untuk mengecek penurunan tanah pada titik tersebut menggunakan metode georadar dan uji dan analisis tanah. Kemudian dilakukan pengecekan jalur pipa dari Cawang menuju Pejompongan dimana terdapat permasalahan pengurangan debit air yang terdapat dugaan terjadi kebocoran pada pengurangan debit air tersebut.

Dengan semangat sinergi BUMN, PT INUKI (Persero), PT Wijaya Karya Beton, dan Perum Jasa Tirta II, saling mengisi dan melengkapi kebutuhan masing-masing, melalui pelayanan terbaik dalam kompetensinya.

Dalam survei penajaman dan pemetaan geologi tersebut dipimpin langsung oleh Executive Vice President Business Development PT INUKI (Persero), Wida Rahayu dan Business Development Bureau Manager WIKA Beton, Panggih Wijanarko.

Editor: Toni Bramantoro
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas