Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Jakarta Terkini

Program KSBB DKI Jakarta, Wadah Saling Bantu Lewati Krisis COVID-19

Dalam KSBB, Pemprov DKI Jakarta berperan sebagai fasilitator yang menghubungkan bantuan dari kolaborator kepada masyarakat yang membutuhkan.

Program KSBB DKI Jakarta, Wadah Saling Bantu Lewati Krisis COVID-19
Pemprov DKi Jakarta
Kepala BLUD Jakarta Smart City, Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi DKI Jakarta, Yudhistira Nugraha, mengatakan bahwa keterbatasan selama pandemi COVID-19 bukan berarti tidak bisa untuk saling membantu. 

TRIBUNNEWS.COM - Menghadapi pandemi COVID-19 tidak bisa hanya dilakukan sendiri-sendiri. Masyarakat harus saling tolong-menolong agar dapat melewati masa krisis, apalagi bangsa Indonesia mewarisi sifat gotong royong.

Berbekal dari situlah, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membuat program Kolaborasi Sosial Berskala Besar (KSBB).

Kepala BLUD Jakarta Smart City, Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi DKI Jakarta, Yudhistira Nugraha, mengatakan bahwa keterbatasan selama pandemi COVID-19 bukan berarti tidak bisa untuk saling membantu.

"Oleh karena itu, Pemprov DKI Jakarta mengajak warga untuk berkolaborasi bersama membantu masyarakat rentan yang terkena dampak COVID-19 melalui program KSBB," kata dia, Jumat (30/10/2020).

Menurutnya, KSBB adalah gerakan membantu sesama dari masyarakat untuk masyarakat.

Dalam program terrsebut, Pemprov DKI Jakarta berperan sebagai fasilitator yang menghubungkan bantuan dari kolaborator kepada masyarakat yang membutuhkan, seperti RW prioritas, pesantren, panti asuhan, panti jompo, panti disabilitas, UMKM dan lokasi prioritas lainnya.

Bantuan yang masuk dihimpun dan disalurkan dengan terbuka. "Menjaga transparansi bantuan, warga dapat mengetahui rangkuman data kolaborator dan penyaluran bantuan program KSBB melalui menu Kolaborasi di situs corona.jakarta.go.id, situs resmi penanganan COVID-19 milik Pemprov DKI," katanya.

Lebih lanjut, Yudhistira menjelaskan, dari menu Kolaborasi tersebut, terdapat informasi bantuan sosial berbasis peta bagi calon kolaborator untuk berpartisipasi dalam KSBB.

Secara lebih rinci, warga dapat mengetahui informasi mengenai program KSBB, peta lokasi yang membutuhkan bantuan sosial, turut serta berdonasi ke lokasi tertentu, serta informasi mengenai kolaborasi program KSBB yang tengah berjalan.

"Saat ini, terdapat 120 kolaborator dengan 581 kolaborasi (bantuan) yang disalurkan kepada masyarakat terdampak COVID-19 yang tersebar di wilayah RW, pesantren, panti asuhan, panti disabilitas serta panti jompo di Jakarta," tuturnya.

Halaman
12
Editor: Content Writer
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas