Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Jangkau 1,16 Juta KK, Bansos DKI Ringankan Beban Warga Terdampak COVID-19

Bahan pokok yang diberikan tersebut tidak asal pilih, melainkan berdasarkan hasil kajian oleh Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian Provinsi

Jangkau 1,16 Juta KK, Bansos DKI Ringankan Beban Warga Terdampak COVID-19
WARTA KOTA/WARTA KOTA/NUR ICHSAN
BANSOS TAHAP 3 - Para ketua rukun tetangga (RT) di lingkungan RW 03 Kelurahan Duri Selatan, Kecamatan Tambora, Jakarta Barat, sedang bergotong royong mengangkut karung beras bansos Pemprov DKI Jakarta, Senin (8/6/2020). Bantuan sosial tahap ke 3 ini berupa 25 kilogram beras dan diberikan kepada 152 kk yang tinggal di 12 rukun tetangga. Bansos ini diharapkan bisa meringankan beban ekonomi warga yang terdampak wabah Covid-19. WARTA KOTA/NUR ICHSAN 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Dampak pandemi COVID-19 dirasakan oleh berbagai lapisan masyarakat. Bukan hanya dari segi kesehatan, tapi juga pemenuhan kebutuhan sehari-hari.

Untuk meringankan beban masyarakat yang rentan terdampak COVID-19, Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta menyediakan bantuan sosial (bansos) berupa sejumlah bahan pokok.

Bahan pokok yang diberikan tersebut tidak asal pilih, melainkan berdasarkan hasil kajian oleh Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian Provinsi DKI Jakarta.

"Komponen bahan pokok yang diberikan itu telah disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat selama masa pandemi. Kami melakukan penyesuaian juga. Sekarang lebih lengkap, di tahap 9 ini ada 10 komponen bantuan yang diberikan," jelas Kepala Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta, Irmansyah, pada Kamis, (5/11/2020).

Adapun kesepuluh komponen tersebut, yakni beras 10 kilogram, minyak goreng 0,9 liter 2 pcs, sarden 2 kaleng, biskuit 1 kaleng, tepung terigu 1 kilogram, mie instan 4 pcs, kecap pouch 1 pcs, gulai ayam 325 gram 1 kaleng, dan opor ayam 325 gram 1 kaleng. 

Untuk meminimalisir penularan COVID-19, pemberian bansos tidak terpusat di satu tempat. Melainkan, diserahkan ke penerima manfaat secara langsung (door to door) melalui Ketua RT masing-masing.

"Paket bansos ini diberikan minimal dua kali dalam sebulan atau menyesuaikan dengan situasi dan keadaan pemberlakuan PSBB oleh Pemprov DKI Jakarta," katanya.

Saat ini, penyaluran bansos memasuki tahap 9, menjangkau 1.160.409 Kepala Keluarga di DKI Jakarta. Jumlah penerima bansos tersebut, menurut Irmansyah, akan terus dievaluasi dengan mempertimbangkan kondisi warga penerima.

"Akan dilakukan evaluasi penerima manfaat setiap tahapnya dengan melihat keberadaan kehidupan KK dimaksud. Apabila ada warga yang terus-menerus mendapatkan bansos, itu karena memang dianggap layak mendapatkannya dengan berkoordinasi dengan pihak RT/RW setempat," imbuhnya.

Lebih lanjut, Irmansyah menyebut, bagi masyarakat yang belum mendapatkan bansos, dapat mendaftarkan diri ke pengurus RT/RW tempat tinggal masing-masing.

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: Content Writer
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas