Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Jakarta Terkini

Pemprov DKI Bantu Berikan Akses Modal dan Pasar UMKM Agar Bertahan di Masa Pandemi

Sudah delapan bulan pandemi COVID-19 melanda Tanah Air. Sektor UMKM pun melemah, omzet turun drastis.

Pemprov DKI Bantu Berikan Akses Modal dan Pasar UMKM Agar Bertahan di Masa Pandemi
Ist.
Ilustrasi pedagang warung. 

TRIBUNNEWS.COM – Sudah delapan bulan pandemi COVID-19 melanda Tanah Air. Sektor UMKM pun melemah, omzet turun drastis. Bagi pelaku UMKM pemula, wabah ini semakin menyulitkan kondisi mereka.

Ketua KADIN Jakarta, Diana Dewi, mengatakan bahwa permasalahan pelaku UMKM sekarang ini adalah permodalan. Banyak pelaku UMKM yang masih sulit mendapatkan akses permodalan ke perbankan.

"Banyak teman-teman yang belum bisa mengakses ke perbankan, permasalahannya karena belum terbiasa," tuturnya.

Stimulus yang dikeluarkan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk membantu sektor ekonomi menurut dia sudah cukup banyak. Namun, masih ada keluhan dari para pelaku UMKM yang kesulitan mengakses permodalan.

"Stimulus kalau menurut saya sudah banyak bagi teman-teman di UMKM, tapi, ada beberapa masih kesulitan akses. Itu yang perlu ditingkatkan," imbuhnya.

Menanggapi hal tersebut, Pemprov DKI Jakarta memberikan bantuan pembiayaan kredit kepada para pelaku UMKM. Kepala Biro Perekonomian Provinsi DKI Jakarta, Mochamad Abbas, menyampaikan, Pemprov DKI Jakarta telah menyalurkan Rp 66,295 miliar kredit Pemulihan Ekonomi Nasional bagi UMKM.

"Pembiayaan kredit oleh Bank DKI untuk UMKM bankable dan pembiayaan oleh fin-tech bagi UMKM yang tidak bankable," ujarnya, Kamis, (5/11/2020).

Selain pembiayaan, Pemprov DKI Jakarta juga memberikan pelatihan agar pelaku UMKM dapat mengembangkan usahanya meski dalam kondisi menghadapi pandemi. Pelatihan tersebut dilakukan secara offline dan online.

"Kami juga membantu untuk pemasaran dan penciptaan demand melalui sistem order," imbuhnya.

Tak dipungkiri, peran UMKM sangat vital dalam membantu menggenjot perekonomian di tengah pandemi. Oleh karena itu, Pemprov DKI Jakarta mempermudah pemberian izin UMKM, agar tumbuh pelaku-pelaku usaha baru di Jakarta.

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: Content Writer
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas