Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pemprov DKI Percepat Pembangunan 31 Taman Maju Bersama untuk Kebutuhan RTH dan Ruang Ketiga Jakarta

Pemprov DKI Jakarta terus mengebut pembangunan Taman Maju Bersama (TMB) di 31 lokasi yang tersebar pada empat wilayah kota administrasi. 

Editor: Content Writer
zoom-in Pemprov DKI Percepat Pembangunan 31 Taman Maju Bersama untuk Kebutuhan RTH dan Ruang Ketiga Jakarta
Dok. Pemprov DKI
Suasana asri di Tebet Eco Park, Jakarta Selatan. 

TRIBUNNEWS.COM, GAMBIR - Pemprov DKI Jakarta terus mengebut pembangunan Taman Maju Bersama (TMB) di 31 lokasi yang tersebar pada empat wilayah kota administrasi. 

Kepala Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta, Suzi Marsitawati menyebut, sebanyak 12 TMB dibangun di Jakarta Timur. Kemudian, 8 taman di Jakarta Selatan, 6 di Jakarta Barat, serta 5 di Jakarta Utara. 

“Pemilihan lokasi didasarkan pada kebutuhan lingkungan untuk mengakomodir pemenuhan atau penyediaan ruang terbuka hijau (RTH) yang berfungsi sebagai ruang ketiga bagi masyarakat, baik secara ekologis maupun interaksi sosial,” ujarnya. 

31 TMB yang baru dibangun ini bakal melengkapi 69 taman yang sudah dibangun sepanjang 2018-2021 lalu. Dengan demikian, pada akhir 2022 ini terdapat 100 TMB yang terbangun. 

Suzi menjelaskan, TMB merupakan konsep RTH berbentuk taman terbuka yang dilengkapi berbagai fasilitas penunjang untuk semua lapisan masyarakat di Ibu Kota.

Suasana asri di Tebet Eco Park, Jakarta Selatan.
Pengunjung menikmati keasrian Tebet Eco Park, Jakarta Selatan.

“TMB ini merupakan taman kolaboratif antara pemerintah dan masyarakat setempat, karena dari perencanaan, pengembangan, hingga penggunaannya melibatkan masyarakat di sekitar lokasi TMB yang dibangun,” tuturnya. 

Dibandingkan taman lainnya, TMB lebih variatif dan tematik, karena disesuaikan dengan karakteristik dan luas lahannya, serta dibangun secara kolaboratif bersama masyarakat dengan adanya Focus Group Discussion (FGD) dalam tiga tahap. 

BERITA REKOMENDASI

TMB pun diharapkan bisa menjadi salah satu infrastruktur publik yang berfungsi sebagai ruang ketiga yang nyaman bagi warga untuk beraktivitas maupun berinteraksi, karena lebih mengedepankan penghijauan dan minim bangunan.

Fasilitas Permainan Tebet Eco Park, Jakarta Selatan
Fasilitas permainan yang ada di Taman Tebet Eco Park, Jakarta Selatan.

Selain itu, TMB juga memiliki fungsi ekologis RTH, yaitu untuk menjaga kualitas lingkungan kota, menjaga keberlanjutan ekosistem, meningkatkan daya dukung tanah, serta menciptakan kenyamanan termal. 

Kemudian, TMB berfungsi pula sebagai area konservasi air, ruang mitigasi bencana, meningkatkan kualitas kesehatan kota, menambah estetika kota, ruang interaksi, rekreasi, dan kegiatan kolaborasi yang positif bagi masyarakat, serta bisa meningkatkan ekonomi.

“Pembangunan dan penataan taman kota saat ini dilakukan dengan memperhitungkan jejaring hijau maupun biru, sebagai penghubung serta penguat poros ekologis, juga sebagai tempat interaksi, sehingga kebutuhan sosial bermasyarakat dapat terpenuhi,” kata Suzi.

Berikut daftar 31 TMB yang baru dibangun: 

Jakarta Selatan

- Kec. Pasar Minggu

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
berita POPULER
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas