Tribun

Peringati Hari Pahlawan, Menteri Johnny: Jadikan Ruang Digital Tempat Berbagi Ide Progresif

Mari kita menjadi pejuang-pejuang di era baru, memastikan ruang digital yang aman, yang inklusif dan yang produktif.

Editor: Content Writer
zoom-in Peringati Hari Pahlawan, Menteri Johnny: Jadikan Ruang Digital Tempat Berbagi Ide Progresif
Tribunnews/Jeprima
Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo), Johnny G Plate m Tribunnews/Jeprima 

TRIBUNNEWS.COM - Menyongsong transformasi digital, semangat pahlawan bangsa dalam mempertahankan kemerdekaan perlu diterjemahkan dalam spirit adaptif dan resiliensi.

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menegaskan semangat Bung Tomo dan pahlawan juga diperlukan dalam menjaga ruang digital Indonesia aman, inklusif dan produktif. Bahkan, Menkominfo mengajak setiap orang menjadi pejuang di era digital dengan menjadikan ruang digital tempat berbagi ide progresif.

“Mari kita menjadi pejuang-pejuang di era baru, memastikan ruang digital yang aman, yang inklusif dan yang produktif. Mari jadikan ruang digital kita sebagai melting pot bagi ide-ide progresif yang merawat kebhinekaan serta kemajuan bangsa dan negara Indonesia,” tegasnya dalam Upacara Peringatan ke-76 Hari Pahlawan di Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta Pusat, Rabu (10/11/2021).

Menteri Johnny menyatakan perayaan hari pahlawan menjadi momentum reflektif bagi seluruh masyarakat untuk membangkitkan kembali memori kolektif dan spirit nasionalisme.

“Hari ini, 76 tahun yang lalu. Salah satu pertempuran terhebat dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia, terjadi di Surabaya. Dengan pekikan semangatnya, Bung Tomo mengajak para pejuang untuk tidak menyerah dan terus mengobarkan perlawanan terhadap serdadu pasukan kolonial dan sekutu saat itu,” jelasnya.

Semangat yang diwariskan pejuang kemerdekaan bangsa itu, menurut Menkominfo perlu dijaga menjadi spirit berbangsa dan bernegara. Menteri Johnny menegaskan pahlawan seperti Bung Tomo mempunyai semangat yang lantang dalam mengajak seluruh elemen bangsa untuk menyerukan kemerdekaan.

“Mengutip pernyataan Bung Tomo, kita tunjukkan bahwa kita benar-benar orang yang ingin merdeka. Lebih baik kita hancur lebur daripada tidak merdeka. Merdeka atau mati!” tandasnya.

Menteri Johnny menyatakan kegemilangan pahlawan dalam merebut kemerdekaan bagi Indonesia bukan titik henti perjuangan. Menurutnya pahlawan pada hakekatnya adalah orang-orang yang rela menggembleng diri dan berdeterminasi sepenuh hati untuk mewujudkan cita-cita bersama yang lebih besar.

“Pada saat ini spirit, semangat, rejuvenasi melahirkan model kepahlawanan yang baru, kepahlawanan di era di masa pandemi dan kepahlawanan di era di masa kebangkitan digital,” ujarnya.

Oleh karena itu, Menkominfo juga mengajak masyarakat Indonesia untuk mengenang kobaran semangat dan persatuan para pahlawan terdahulu, diwujudkan dalam komitmen bersama menghadapi pandemi Covid-19.

Halaman
12
Ikuti kami di
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas