Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun
Tujuan Terkait

Keren! PT Hutama Karya Raih Penghargaan di Bidang ESG dan TJSL di Triwulan II 2024

Sebelumnya pada bulan Mei 2024, Hutama Karya telah mendapatkan penghargaan #Star 5 TOP CSR Awards 2024.

Editor: Content Writer
zoom-in Keren! PT Hutama Karya Raih Penghargaan di Bidang ESG dan TJSL di Triwulan II 2024
Istimewa
PT Hutama Karya Raih Penghargaan di Bidang ESG dan TJSL di Triwulan II 2024 

TRIBUNNEWS.COM  – Memasuki Semester II Tahun 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) kembali menoreh prestasi. Komitmen menerapkan aspek ESG, Hutama Karya meraih penghargaan di bidang Program Komunikasi Environmental, Social and Governance (ESG) . Selain itu, Hutama Karya juga mendapatkan penghargaan di bidang Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL).

Untuk bidang ESG penghargaan yang diraih yaitu Bronze Winner pada Sub Kategori Sosial (Social) – Hubungan dengan Masyarakat / Komunitas dalam ajang The 3rd Indonesia DEI & ESG Awards (IDEAS) 2024. Sementara di bidang TJSL, Hutama Karya meraih 4 (empat) penghargaan dalam ajang 4th TJSL & CSR Tahun 2024, yaitu Pilar Sosial (#Star 4); Pilar Ekonomi (#Star 4); Pilar Lingkungan (#Star 4); dan Strong Commitment Senior Officer on Social, Economic, and Environment Programs of CSR yang diberikan kepada Kepala Unit TJSL Hutama Karya, Agus Kosasih.

Dalam IDEAS 2024, Hutama Karya mengangkat program strategi komunikasi berjudul “Pioneering PESO Strategies to Win Local Public Trust Through Social Empowerment in Padang-Sicincin Toll Road”. Program ini diusung perusahaan sebagai salah satu strategi untuk mengkomunikasikan kepada publik atas peran Hutama Karya dalam membangun social empowerment melalui Proyek Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) Ruas Padang-Sicincin. Penghargaan ini diterima langsung oleh Apriza Megawati, Komunikasi Korporat Hutama Karya pada Jumat (26/7) di Malang, Jawa Timur.

Baca juga: Hutama Karya dan Yayasan Kakak Berkolaborasi Edukasi Cegah Kekerasan Seksual Pada Anak di Surakarta

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, Adjib Al Hakim mengungkapkan bahwa keberhasilan pembangunan jalan tol pertama di Sumatra Barat ini adalah berkat peran orkestrasi komunikasi publik dan stakeholder relations serta keterlibatan proaktif masyarakat dalam proses pengadaan lahan, perencanaan, pelaksanaan dan pengoperasian jalan tol.

“Sebagai satu-satunya pengembang yang dipercaya Pemerintah dalam memiliki kompetensi untuk membuka konektivitas di Sumatra Barat, Hutama Karya mampu membangun ekosistem komunikasi yang bersifat mutualisme dalam memperoleh dukungan masyarakat sekitar terhadap pembangunan JTTS Ruas Padang-Sicincin,” tutur Adjib.

Diselenggarakan oleh PR Indonesia, The 3rd IDEAS 2024 merupakan kompetisi PR berbasis pada praktik terbaik penerapan DEI dan ESG yang diikuti oleh Kementerian, BUMN, hingga Perusahaan Swasta se-Indonesia. Kompetisi ini diharapkan dapat mendorong terciptanya praktik terbaik di bidang komunikasi DEI dan ESG serta membuat suatu organisasi/korporasi mampu menggapai reputasi yang lebih unggul di ekosistem masing-masing.

Baca juga: KPK Dalami Peruntukan Lahan Tol Trans Sumatera Lewat Dirut Hutama Karya Budi Harto 

Sementara itu, pada ajang 4th TJSL & CSR Award 2024, Hutama Karya membawa program unggulan perusahaan di pilar ekonomi melalui pendampingan 16 tenant UMK di Rest Area 215B JTTS Ruas Terbanggi Besar - Pematang Panggang - Kayu Agung (Terpeka) dan pendampingan pengrajin logam di Ogan Ilir, pilar sosial melalui program HK Peduli Pendidikan berupa advokasi perlindungan anak dalam mencegah potensi tindak kekerasan dan eksploitasi seksual pada anak di Surakarta bersama dengan Yayasan Kakak, serta pilar lingkungan melalui program pengolahan sampah organik di Terpeka, konservasi gajah liar di Riau, dan HK Urban HabitSphere.

BERITA TERKAIT

“Pencapaian ini merupakan wujud keberhasilan dari komitmen Hutama Karya dalam mengimplementasikan Program TJSL dan mendukung 4 (empat) pilar Sustainable Development Goals (SDGs), yaitu sosial, ekonomi, lingkungan, hukum dan tata kelola,” imbuh Adjib.

Penghargaan 4th TJSL & CSR Award 2024 diselenggarakan oleh BUMN Track yang diikuti oleh 97 Perusahaan BUMN dan Anak Perusahaan BUMN, dengan kriteria penilaian berdasarkan capaian program TJSL yang sejalan pada tujuan SDGs dari masing-masing Perusahaan. Dalam ajang ini, Hutama Karya berhasil melewati proses penilaian presentasi dan rapat pleno tim penilai, narasumber, serta steering committee. Sebelumnya pada bulan Mei 2024, Hutama Karya telah mendapatkan penghargaan #Star 5 TOP CSR Awards 2024 yang diselenggarakan oleh Top Business, dimana Direktur Utama Hutama Karya, Budi Harto, turut dinobatkan sebagai TOP Leader on CSR Commitment.

“Dengan diraihnya sejumlah penghargaan ini, kami berharap dapat memperkuat komitmen perusahaan untuk mempertahankan kinerja melalui program-program yang sudah berjalan agar tepat sasaran dan memiliki kebermanfaatan secara berkelanjutan, serta akuntabel bagi masyarakat di sekitar wilayah operasional Perusahaan,” tutup Adjib Al Hakim, EVP Sekretaris Perusahaan Hutama Karya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of

asia sustainability impact consortium

Follow our mission at sustainabilityimpactconsortium.asia

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
berita POPULER
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas