Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun
Tujuan Terkait

Hadir di BNI-UI Half Marathon 2024, AQUA Kampanyekan Gaya Hidup Sehat dan Gerakan “Bijak Berplastik”

Sebanyak lebih dari 6.600 pelari, 11 partner, dan  28  sponsor, berkolaborasi aktif untuk mensukseskan kegiatan ini, termasuk AQUA.

Penulis: Yosephin Pasaribu
Editor: Vincentius Haru Pamungkas
zoom-in Hadir di BNI-UI Half Marathon 2024, AQUA Kampanyekan Gaya Hidup Sehat dan Gerakan “Bijak Berplastik”
Istimewa
Gelaran BNI-UI Half Marathon 2024 yang digelar pada Minggu (8/9) di Kampus Universitas lndonesia, Depok, Jawa Barat. 

TRIBUNNEWS.COM - Ajang lomba lari terbesar di Universitas lndonesia, BNI-UI Half Marathon  2024, kembali diselenggarakan pada Minggu (8/9/2024) di Kampus Universitas  lndonesia, Depok, Jawa Barat. 

Tahun ini, BNI-UI Half Marathon membawa tema "Bersama Melangkah" dengan mengundang pelari  untuk  menjadi  bagian  dari  gerakan  yang  merayakan  kekuatan  dalam  keberagaman dan mendorong kita semua untuk melangkah menuju masa depan. 

Sebanyak lebih dari 6.600 pelari, 11 partner, dan  28  sponsor,  berkolaborasi  aktif  untuk mensukseskan kegiatan  ini,  termasuk  AQUA sebagai official mineral water partner dari BNI-UI Half Marathon 2024.

Pada  tahun  ini,  BNI-UI  Half  Marathon  membawa  pesan  keberlanjutan  yang  berfokus  pada 3 sustainable development goals ((SDGs)   yaitu kesehatan, aksi iklim, dan kemitraan untuk mempromosikan  gaya hidup yang lebih sehat, memberikan  dampak  positif  terhadap  lingkungan, dan membina kolaborasi untuk masa depan yang lebih cerah dan berkelanjutan. 

Sejalan dengan misi yang mendasari operasi bisnisnya, AQUA tidak hanya menghadirkan hidrasi sehat, tetapi juga turut  mengkampanyekan aksi pelestarian lingkungan dengan menyediakan 13 titik dropbox pengumpulan botol plastik di area race village agar botol bisa didaur ulang kembali.  

AQUA juga menggandeng  Waste4Change  untuk pengumpulan  sampah  dari sepanjang  rute lari, 9 titik water station, dan race village. Semua sampah yang terkumpul tersebut, kemudian diambil dan diproses oleh Waste4Change,  sebuah  perusahaan  yang  sudah  menjadi  mitra  AQUA  dalam  pengelolaan sampah.

Kolaborasi AQUA dan Waste4Change di UI Half Marathon berhasil mengumpulkan 2,2 ton sampah dari seluruh track lari dan race village.

BERITA TERKAIT

Pada kesempatan tersebut, Didit Ratam selaku Ketua Umum Ikatan Alumni Universitas Indonesia (ILUNI  UI) mengungkapkan ada 6.600 peserta yang  berlari  bersama secara offline mengelilingi lintasan lari  di Kampus UI  Depok  yang  bebas  kendaraan  dan  asri,  juga  dikenal  sebagai The Greenest and Most Sterile Route Half Marathon.

Bijak Berplastik AQUA di BNI-UI Half Marathon 2024
AQUA gencarkan gerakan Bijak Berplastik di BNI-UI Half Marathon 2024

Lebih lanjut, BNI-UI Half Marathon 2024 tidak hanya membawa pesan gaya hidup sehat tapi juga mempromosikan sustainability melalui green lifestyle, serta tetap konsisten dengan misi dukungan terhadap pendidikan melalui sumbangsih endowment fund untuk UI sebesar Rp350 juta.

Baca juga: Dukung Timnas Indonesia Melaju di Kualifikasi Piala Dunia, AQUA Luncurkan Label Edisi Khusus

Dia juga turut menyampaikan apresiasi dan sambutan baik atas kolaborasi yang terjalin antara AQUA dengan BNI-UI Half Marathon 2024.

“Sekali lagi, kami mengapresiasi sekali kolaborasi yang terjalin antara AQUA dengan BNI-UI Half Marathon,  yang  terjalin  tidak  hanya pada tahun  ini, tetapi  juga pada tahun-tahun  sebelumnya. Komitmen  selama puluhan  tahun  dalam  memberikan  hidrasi  sehat,  menjaga  lingkungan,  serta bermitra dengan berbagai pihak di lndonesia; menjadi dasar kami untuk terus berkolaborasi setiap tahunnya dengan AQUA,” ujar Didit.

“Kami melihat bagaimana kesungguhan AQUA dalam menangani sampah mereka selepas kegiatan BNI-UI Half Marathon berakhir; sebuah inisiatif keberlanjutan  yang tidak dimiliki  oleh semua perusahaan  air mineral. Kami sungguh  berharap,  di tahun-tahun yang akan datang, AQUA dapat terus berkolaborasi, bahkan memperluas skala kolaborasinya dengan BNI-UI Half Marathon, demi menghadirkan masa depan yang lebih baik dalam hal kesehatan, lingkungan, dan kemitraan, sesuai dengan tema tahun ini,” lanjutnya.

Kolaborasi  antara  AQUA  dan  BNI-UI  Half  Marathon  2024  ini  mencerminkan  kepedulian  pelaku sektor makanan-minuman dan institusi pendidikan dalam mensukseskan perwujudkan SDGs yang diusung oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan juga menjadi prioritas pemerintah lndonesia.

Sementara itu, Vera Galuh Sugijanto,  selaku Vice President General Secretary Danone Indonesia juga menyambut  baik kolaborasi yang terjalin antara AQUA dengan BNI-UI Half Marathon dimana AQUA dipercaya menjadi official mineral water partner. 

“Tahun ini, AQUA kembali menjadi official mineral  water  partner  BNI-UI  Half Marathon.  Suatu  kebanggaan  bagi  kami dimana  kami dapat berkontribusi  dalam  ajang  lari  terbesar  di  Universitas  Indonesia  yang  juga  membawa  pesan kepedulian  terhadap  keberlanjutan, selaras dengan  nilai yang mendasari  operasi bisnis kami di AQUA untuk dapat membawa dampak baik terhadap kesehatan, lingkungan, dan masyarakat,” tutur Vera.

“Hari ini kami men-support hidrasi bagi lebih dari 6.600 pelari dengan menyediakan  AQUA yang berasal dari  sumber  air  terlindungi  dari  gunung  terpilih  di  Indonesia.  Kegiatan  hari  ini  juga  menjadi perwujudan  dari kampanye  #BijakBerplastik untuk dapat mengumpulkan  dan mengolah  kembali kemasan plastik yang kami hasilkan, menjadi kemasan baru,” lanjutnya.

AQUA berharap support pada BNI-UI Half Marathon 2024 ini dapat meningkatkan kesadaran para peserta   akan   pentingnya   kecukupan   air   ketika   berolahraga,   serta   membawa   pesan   akan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan melalui kolaborasi dengan berbagai pihak.

Baca juga: Upaya AQUA Kendalikan Perubahan Iklim: Pakai Listrik PLTS Hingga Blue Operation

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of

asia sustainability impact consortium

Follow our mission at sustainabilityimpactconsortium.asia

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas