Tribun Lifestyle
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Karier

Sembilan Perilaku yang Harusnya Dihindari oleh Karyawan Baru

Masuk ke kantor baru sudah pasti Anda harus menyesuaikan dengan kebiasaan dan juga budaya kerja di sana. Jauhi perilaku tak lazim.

Sembilan Perilaku yang Harusnya Dihindari oleh Karyawan Baru

TRIBUNNEWS.COM - Masuk ke kantor baru sudah pasti Anda harus menyesuaikan dengan kebiasaan dan juga budaya kerja di sana. Dengan mengetahui kebiasaan ini, Anda akan lebih cepat berbaur dengan rekan kerja yang lain. Sering kali para karyawan baru melakukan beberapa hal untuk bisa mengesankan rekan kerjanya, dan sayangnya hal ini ternyata dirasa kurang tepat dan salah sasaran.

1. Sering membawa kue kesukaan

Orang bilang makanan adalah cara paling mudah untuk menaklukkan hati orang. Maka, sebenarnya tak salah juga kalau Anda membawa kue-kue kesukaan untuk rekan kerja baru.

Sesekali sih boleh, tetapi jangan terlalu sering karena lebih baik dikenal dengan kemampuan kerja dibandingkan dengan kue-kue Anda. "Dan ingat, kue Anda tidak bisa membantu memberi kenaikan gaji dan juga promosi," ungkap ahli karier, Katie Donovan.

2. Memaksa perubahan kebiasaan kantor segera

Masuknya orang baru ke dalam lingkungan kerja memang diharapkan bisa membawa angin perubahan di kantor. Hanya, Kathleen Brady, seorang ahli karier bersertifikat di New York, mengungkapkan, sekalipun atasan sangat berharap Anda bisa memberi ide-ide baru, tak berarti semuanya harus berubah dalam semalam. Jika Anda memaksa, alih-alih dibilang hebat atau kreatif, rekan kerja justru akan berpikir kalau Anda seorang yang egois.

Sebaliknya, ajukan pertanyaan kepada senior Anda tentang prosedur yang ada di kantor dengan sopan. Setelah itu, Anda bisa mengubahnya dengan perlahan-lahan dan sesuai kesepakatan bersama.

3. Curhat berbagai hal

Agar bisa diterima rekan kerja baru, Anda cenderung berusaha terbuka dengan mereka. Namun, hati-hati, menjadi terlalu terbuka kepada mereka tanpa tahu sifat sebenarnya akan menjadi bumerang.

"Bisa-bisa kehidupan pribadi Anda akan menjadi gosip kantor. Bahkan, sebuah komentar sederhana pun bisa digunakan untuk melawan Anda," ungkap Houston, konselor karier. Masih ada banyak topik aman yang bisa dibicarakan kok, misalnya, cuaca, olahraga, atau kemacetan jalan raya.

Halaman
123
Ikuti kami di
Editor: Agung Budi Santoso
Sumber: Kompas.com
  Loading comments...
Tags:
karier
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas