Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Lifestyle

Hongaria, Negara Seribu Mata Air Panas

Szechenyi Thermal Bath adalah salah satu lokasi pemandian umum tertua dan terbesar di Budapest.

Penulis: Daniel Ngantung
Editor: Anita K Wardhani
zoom-in Hongaria, Negara Seribu Mata Air Panas
Szechenyi Thermal Bath
Budapest, Hongaria 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Daniel Ngantung

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Banyak yang mengira tempat ini gedung parlemen, museum, universitas,atau gereja karena bentuknya. Padahal, gedung tersebut nyatanya adalah sebuah tempat pemandian air hangat di Budapest, Hongaria!

Szechenyi Thermal Bath adalah salah satu lokasi pemandian umum tertua dan terbesar di Budapest. Dibangun pada awal 1900an, gedung ini memiliki desain Neo-baroque dan luas hampir 7.000 meter persegi.

Szechenyi Thermal Bath terkenal karena kolam air panasnya yang bersumber dari mata air panas (hot spring) alami dengan kedalaman hingga 1.000 meter lebih. Bersuhu sekitar 74-77 derajat celcius, air ini diyakini berkhasiat menyehatkan tubuh karena kandungan sulfat, kalsium, magnesium, dan beberapa jenis asam di dalamnya.

Tidak heran jika Szechenyi Thermal Bath selalu ramai oleh pengunjung. Setiap tahunnya, sekitar 100 ribu orang mengunjungi tempat ini.

Apalagi lokasinya cukup strategis yaitu kawasan City Park, tepat berada di jantung kota Budapest.

Seperti diungkapkan Maria Vas, Marketing Manager of Hungarian Tourism, Szechenyi memiliki 18 kolam yang terdiri dari 3 kolam besar di luar dan 15 kolam kecil di dalam ruangan.

BERITA REKOMENDASI

Jenisnya bervariasi mulai dari whirlpools (semacam jacuzzi), water jets, kolam dengan permainan anak, dan kolam olympic.

"Aktivitasnya tidak berendam dan berenang saja. Di situ, kaum pria biasanya berendam sambil bermain catur," katanya di acara Workshop: Hello Budapest, Senin (3/11/2014).

Ada pula fasilitias pijat dan spa dengan harga tambahan. Szechenyi Thermal Bath buka setiap hari. Harga tiket beragam tergantung pilihan penggunaan loker dan kabin. Harga dimulai dari 4.100 HUF (Hungarian Forint) atau sekitar Rp 200.000.

Szechenyi Thermal Bath hanyalah satu dari ribuan pemandian umum mata air panas di Hongaria.

Berada di kawasan Carpathian Basin yang kondisi kulit bumi terluarnya sangat tipis membuat negara ini kaya akan mata air panas.

"Hampir setiap desa dan kota di Hongaria memiliki mata air panas," ujar Maria.  Belum afdal rasanya, jika berkunjung ke Hongaria tanpa berendam di kolam air panasnya.

Selain mata air panas, negara yang resmi menjadi anggota Uni Eropa pada 2004 silam itu masih memiliki atraksi lainnya, khususnya di Budapest.

Halaman
123
Tags:
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas