Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Lifestyle

Trik Sukses Bisnis Fashion Tanpa Modal Sepeser Pun

Jualan produk fashion tanpa modal sepeser pun, bisa kok! Ini triknya.

Editor: Agung Budi Santoso
zoom-in Trik Sukses Bisnis Fashion Tanpa Modal Sepeser Pun
Tribunnews/Jeprima
Pengunjung melihat-lihat koleksi busana muslim karya Ussy Sulistyawati saat pembukaan gerai Ussy House of Moslem di Lippo Mall Kramat Jati, Jakarta Timur, Jumat (3/10/2014). Gerai di Jakarta ini merupakan gerai ketiga milik Ussy setelah sebelumnya dibuka di Pangkal Pinang dan Aceh. (Tribunnews/Jeprima) 

TRIBUNNEWS.COM - Bisnis fashion kini tumbuh pesat, khususnya oleh pebisnis perempuan. Nah, sebelum bergelut di dalamnya, kita harus memahami tips sukses berbisnis fashion. Namun seringkali, yang menjadi penghambat adalah masalah modal dana. Bagaimana bila ingin bisnis tapi tak punya modal ?

Irna Mutiara, salah satu pendiri Trimoda Uptodate Group pemilik brand Up2date, label busana muslim yang kini memiliki 28 outlet di seluruh Indonesia, mengungkapkan trik jitu bisnis tanpa modal .

"Tetap bisa berjualan baju kok meski bisnis tanpa modal. Kita bisa memanfaatkan kepercayaan teman atau orang lain untuk menjualkan produknya dengan mengambilnya lebih dulu. Atau dengan sistem dropship , di mana kita hanya menjualkan produk orang lain tanpa harus membelinya lebih dulu,” ujar Irna tentang trik jitu bisnis tanpa modal .

Bila ada pembeli, lanjutnya, barang dikirim langsung oleh pemilik produk ke alamat pembeli, dan kita tetap mendapatkan keuntungannya. “Kalau cara ini berhasil, bisa dipertimbangkan untuk memproduksi sendiri,” ujar Irna.

Perlu diingat, meski Anda hendak menjalankan bisnis tanpa modal , bukan berarti lantas berjualan jadi setengah-setengah. Justru, jadikan inspirasi sebagai modal utama Anda. Inspirasi desain baju bisa didapat dari mana saja. Namun, bila menginginkan yang ideal, sebaiknya tidak melihat hasil karya orang lain karena produk jadi tidak orisinal.

Irna memberi trik, bisa saja mengambil inspirasi yang agak “jauh”, misalnya alam, suasana pasar, batu-batuan, khayalan sendiri. Yang lebih penting, imbuhnya, semua inspirasi yang tertangkap lewat mata, pendengaran atau lainnya, harus segera dituangkan dalammoodboard , lalu disusun sehingga akan membantu kita memvisualkan.

“Misalnya, untuk temaunder the sea, kita bisa mengambil warna laut dalam, bentuk hewan-hewannya, dan sebagainya sebagai inspirasi baju,” ujarnya. Setelah selesai diproduksi, penjualan bisa dipilih baik lewat online maupun offline.

BERITA TERKAIT

Irna menegaskan, trik jitu bisnis tanpa modal adalah dengan berjualan secara online. Selain lebih simpel, berjualan lewat online juga lebih murah karena tidak perlu membayar ruangan dan karyawan.  (Hasuna Daylailatu)

Tags:
Sumber: Tabloidnova.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas