Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Lifestyle

Lidah Buaya dan Jeruk Nipis Bagus untuk Perawatan Kepala Wanita Berhijab

Berhijab bukan berarti melupakan perawatan rambut dan kulit kepala

Editor: Fajar Anjungroso
zoom-in Lidah Buaya dan Jeruk Nipis Bagus untuk Perawatan Kepala Wanita Berhijab
Youtube
Hijab Straw 

TRIBUNNEWS.COM, SEMARANG – Berhijab bukan berarti melupakan perawatan rambut dan kulit kepala. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar rambut yang tertutup tetap sehat dan menjadi kebanggaan.

Dimulai dari hal yang simple, yakni mengganti daleman baik yang berbentuk ciput atau ninja setiap hari. Kelihatannya sepele namun kadang hal ini sering dilupakan. Karena kalau daleman tidak diganti sementara kulit kepala berminyak dan berkeringat, dampaknya jamur akan mudah tumbuh dan menjadi sumber permasalahan pada rambut.

Bagaimana pun daleman yang berfungsi menjaga rambut tetap rapi (tidak berlarian keluar dari hijab) langsung bersentuhan dengan kulit kepala sehingga meski tak terlihat, tetap harus dijaga kebersihannya.

Kemudian pilih hijab berbahan katun yang menyerap keringat. Ini penting bagi wanita yang tinggal di negara beriklim tropis seperti Indonesia. Bisa pula memilih baham adem lainnya.

"Untuk perawatan kulit kepala, sebelum mencuci rambut, dr Dian memberikan dua resep yang bisa dilakukan di rumah yakni mengolesi kulit kepala dengan lidah buaya. Dan bagi yang berketombe menggunakan jeruk nipis," kata dr Dian Perwita Sari, Branch Manager Larissa Aestetic Center Semarang.

Dua bahan ini (dipilih sesuai permasalahan kulit kepala) dioleskan pada kulit kepala sambil dipijat-pijat. Jangan terlalu keras mijatnya jika rambut mudah rontok. Diamkan sekitar 10 sampai 15 menit kemudian cuci rambut seperti biasa hingga bersih.

Mencuci rambut pada kulit berminyak bisa dilakukan setiap hari. Sedang yang memiliki kulit normal bisa dua hari sekali. Aplikasikan pula conditioner dan hair tonic. Untuk perawatan bulanan bisa melakukan hair spa di salon.

BERITA TERKAIT
Tags:
Sumber: Tribun Jateng
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas