Tribun Lifestyle
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Ingin Dijauhi Nyamuk? Jangan Gunakan Pakaian Warna Ini

Saat berkemah di alam, pernahkah Anda terbangun dari tidur dan mendapati bentol-bentol bekas gigitan nyamuk tersebar di tangan atau kaki

Ingin Dijauhi Nyamuk? Jangan Gunakan Pakaian Warna Ini
ist
ilustrasi 

TRIBUNNEWS.COM - Saat berkemah di alam, pernahkah Anda terbangun dari tidur dan mendapati bentol-bentol bekas gigitan nyamuk tersebar di tangan atau kaki, sementara teman setenda Anda sama sekali tak digigit nyamuk?

Tenang, Anda tak sendirian. Ada banyak orang yang menyadari tubuh mereka dianggap sebagai makanan lezat bagi nyamuk, sehingga lebih sering digigit dibandingkan teman-teman mereka.

Ini dia faktor-faktor yang mungkin menyebabkan Anda lebih lezat di mata nyamuk dibandingkan orang lain:

1. Golongan darah

Nyamuk menggigit kita untuk mendapatkan protein dari darah. Penelitian telah menunjukkan ada tipe darah tertentu yang lebih menggugah selera nyamuk.

Studi menemukan dalam pengaturan terkontrol, nyamuk yang mendarat di tubuh orang-orang bergolongan darah O jumlahnya dua kali lebih banyak dibandingkan golongan darah A.

Selain itu, karena gen tertentu, sekitar 85 persen orang di dunia mengeluarkan sinyal kimiawi yang menunjukkan golongan darah mereka melalui kulit, sementara sisanya tidak.

Nyamuk lebih tertarik pada orang yang mengeluarkan sinyal kimiawi dibanding dengan yang tidak.

2. Karbon dioksida

Kunci nyamuk untuk menentukan target mereka ialah berdasarkan karbon dioksida yang terdapat saat nafas dihembuskan. Mereka menggunakan organ yang disebut maxillary palp untuk melakukannya, dan dapat mendeteksi karbon dioksida dari jarak 164 kaki.

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: Sugiyarto
Sumber: Tribun Jateng
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas