Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Lifestyle

Suka Begadang? Waspadai 10 Hal Menakutkan Berpotensi Terjadi

Sebagian orang mungkin masih menyepelekan waktu tidur mereka. Seperti kebiasaan begadang sampai larut malam bahkan, tidak tidur sama sekali.

Editor: Sugiyarto
zoom-in Suka Begadang? Waspadai 10 Hal Menakutkan Berpotensi Terjadi
Hai
ilustrasi 

TRIBUNNEWS.COM, SURABAYA - Sebagian orang mungkin masih menyepelekan waktu tidur mereka. Seperti kebiasaan begadangsampai larut malam bahkan, tidak tidur sama sekali.

Kebiasan ini memungkinkan Anda tidak memiliki waktu tidur yang cukup.

Kurang tidur bisa berdampak pada tubuh. Padahal tidur, seiring dengan diet dan olahraga seimbang, adalah fondasi dari kesehatan yang baik.




Kebiasaan kurang tidur yang kronis membuat Anda bisa mengalami peningkatan risiko kondisi medis serius, seperti diabetes, obesitas, dan penyakit jantung.

Dilansir dari Boldsky, kurang tidur dapat menyebabkan peningkatan produksi kortisol tubuh, yang juga dikenal sebagai hormon stres.

Hal ini juga menyebabkan fungsi hormon yang tidak tepat, serta meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh, yang menyebabkan diabetes tipe 2.

Berikut adalah rincian dari apa yang terjadi bila Anda tidak tidur selama sehari :

BERITA TERKAIT

1. Jatuh Sakit

Kurang tidur dapat mengganggu kemampuan tubuh untuk melawan penyakit, sehingga membuat tubuh mudah jatuh sakit. Tampaknya ada hubungan timbal balik antara tidur dan sistem kekebalan tubuh. Sistem kekebalan tubuh akan lemah, jika kamu kurang tidur.

2. Masalah Jantung

Tidur terlalu lama, lebih dari 9 jam atau tidur yang singkat, kurang dari lima jam, masing-masing, telah terbukti memiliki dampak negatif pada kesehatan tubuh. Anda juga memiliki kemungkinan besar punya masalah penyakit jantung koroner atau mengalami stroke jika anda kurang tidur.

3. Meningkatkan Resiko Kanker

Jika anda memiliki durasi tidur yang singkat, anda beresiko terkena kanker payudara, kanker usus besar dan kanker prostat. Pekerja yang terbiasa bekerja semalam mungkin juga menderita risiko kanker yang tinggi.

4. Masalah Berpikir

Halaman
12
Sumber: Surya
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas