Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Lifestyle

Mengatasi Gugup dan Perasaan Malu saat Hendak Mengajak Kencan Lawan Jenis

Tak jarang karena rasa malu yang berlebihan, seseorang memilih diam di rumah ketimbang bertemu orang baru.

Editor: Willem Jonata
zoom-in Mengatasi Gugup dan Perasaan Malu saat Hendak Mengajak Kencan Lawan Jenis
TRIBUN BATAM
Ilustrasi pasangan mesum 

TRIBUNNEWS.COM - Bertemu dengan lawan jenis yang menarik terkadang membuat kita malu-malu dan dilanda gugup. Reaksi ini memang tidak salah.

Namun, rasa malu yang dibiarkan terus menerus akan menjadi masalah jika hadir pada situasi romantis. Tak jarang karena rasa malu yang berlebihan, seseorang memilih diam di rumah ketimbang bertemu orang baru.

Nah, bagi kamu yang sering terbelenggu rasa malu ketika hendak mengajak kencan lawan jenis, kamu mungkin bisa mengikuti lima tips berikut, seperti dilansir dari situs Men's Health.

1. Mengubah sikap

Menurut Dr. Kristie Overstreet, seorang psikoterapis dan seksolog klinis, kamu harus mengubah pandangan keseluruhan tentang kencan.

Alih-alih mengalah atau berpikiran negatif, bersikaplah lebih positif. Misalnya, ketika kencan pertamamu berakhir buruk atau rekan kencanmu tidak merespons positif.

"Lalu kenapa? Apa masalahnya jika kencan ini tidak mengarah ke kecocokan?" kata Overstreet.

BERITA TERKAIT

Tanamkan pada diri sendiri bahwa apapun yang terjadi pada kencan yang dijalani, terutama jika hasilnya buruk, hal itu bukanlah akhir dari dunia, dan kebahagiaanmu tidak terletak pada rekan kencanmu itu saja.

Ketika pandangan ini sudah menjadi kebiasaan, maka kamu akan menjadi pribadi yang lebih baik dan tidak ragu berkenalan dengan orang lain.

Ingatlah, kencan adalah tentang berlatih menjadi mahir. Ada kalanya kencan yang dijalani tidak berjalan mulus. Namun, itu bukan masalah bukan?

2. Tanamkan bahwa dirimu hebat

Kamu adalah orang yang memenuhi syarat, keren dan menyenangkan.

Bahkan jika kamu tidak percaya ada hal-hal positif dalam dirimu, percayalah bahwa dirimu hebat. Kamu akan menjadi pasangan yang hebat bagi seseorang suatu hari nanti.

Overstreet menyarankan untuk membuat daftar tentang hal-hal positif yang ada pada dirimu. Luangkanlah waktu sekitar lima menit dan temukan kekuatan dari dirimu.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas