Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Lifestyle

Masih Punya Utang Puasa Ramadan, Bolehkah Qadha Dilakukan Sekaligus Puasa Rajab?

Simak penjelasan tentang boleh tidaknya puasa qadha bulan Ramadhan digabung dengan puasa Rajab?

Editor: Anita K Wardhani
zoom-in Masih Punya Utang Puasa Ramadan, Bolehkah Qadha Dilakukan Sekaligus Puasa Rajab?
TribunStyle.com Kolase/Instagram @ nuruzzahro_medan
Ilustrasi puasa Rajab 

TRIBUNNEWS.COM-  Jum'at (8/3/2019) hari ini penanggalan Hijriah sudah memasuki bulan Rajab 1440 Hijriyah yang artinya bulan Ramadhan sudah dekat.

Jika kamu yang masih memiliki utang puasa di Ramadhan lalu hendaknya segera membayarkannya sebanyak hari yang ditinggalkan.

Lalu bolehkah melaksanakan Puasa Qadha Ramadhan berbarengan dengan puasa Rajab?




Melansir laman Nahdlatul Ulama Online atau NU online, M. Mubasysyarum Bih menuliskan artikel dengan judul "Bolehkah Niat Puasa Rajab Digabung dengan Qadla Puasa Ramadhan?" memberikan penjelasan seputar ibadah tersebut.

Puasa Rajab merupakan salah satu puasa yang sunnah dilakukan sebagaimana bulan-bulan mulia lainnya (Muharram, Dzulqa’dah dan Dzulhijjah).

Meski tidak ada hadits shahih yang secara khusus menjelaskan keutamaan puasa Rajab, namun kesunnahan puasa Rajab sudah tercakup dalam dalil anjuran berpuasa secara umum dan anjuran umum berpuasa di bulan-bulan mulia.

Persoalan muncul ketika sebagian orang masih memiliki tanggungan utang puasa Ramadhan, apakah boleh baginya menggabungkan niat puasa Rajab dengan qadha’ puasa Ramadhan?

Baca: MARHABAN YA RAJAB! Selamat Datang Bulan Rajab, Niat Puasa Rajab, Keutamaan dan Doa Terbaik

BERITA TERKAIT

Puasa Rajab sebagaimana puasa sunnah lainnya sah dilakukan dengan niat berpuasa secara mutlak, tidak disyaratkan ta’yin (menentukan jenis puasanya). Misalkan dengan niat “Saya niat berpuasa karena Allah”, tidak harus ditambahkan “karena melakukan kesunnahan puasa Rajab”.

Sementara puasa qadha Ramadhan tergolong puasa wajib yang wajib ditentukan jenis puasanya, misalkan dengan niat “Saya niat berpuasa qadha Ramadhan fardhu karena Allah”.

Menggabungkan niat puasa Rajab dengan puasa qadha Ramadhan hukumnya diperbolehkan (sah) dan pahala keduanya bisa didapatkan.

Bahkan menurut Syekh al-Barizi, meski hanya niat mengqadha puasa Ramadhan, secara otomatis pahala berpuasa Rajab bisa didapatkan.

Kesimpulan di atas didasarkan atas keterangan dalam kitab Fathul Mu’in beserta hasyiyahnya, I’anatuth Thalibin sebagai berikut:

وبالتعيين فيه النفل أيضا فيصح ولو مؤقتا بنية مطلقة كما اعتمده غير واحد

(وقوله ولو مؤقتا) غاية في صحة الصوم في النفل بنية مطلقة أي لا فرق في ذلك بين أن يكون مؤقتا كصوم الاثنين والخميس وعرفة وعاشوراء وأيام البيض أو لا كأن يكون ذا سبب كصوم الاستسقاء بغير أمر الإمام أو نفلا مطلقا

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
berita POPULER
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas