Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Lifestyle

Ingat Baik-Baik! Supaya Aman, Ini yang Harus Diwaspadai Saat Umroh

Umroh memang jadi ibadah impian hampir semua muslim di dunia. Walaupun begitu, jika kamu berhasil mewujudkan impian ini dan pergi umroh, ternyata sep

Editor: Content Writer
zoom-in Ingat Baik-Baik! Supaya Aman, Ini yang Harus Diwaspadai Saat Umroh
Istimewa
Ilustrasi 

TRIBUNNEWS.COM Umroh memang jadi ibadah impian hampir semua muslim di dunia. Walaupun begitu, jika kamu berhasil mewujudkan impian ini dan pergi umroh, ternyata seperti berpergian ke negara lain ada beberapa hal yang harus kamu waspadai.

Lantas apa sajakah itu? Dilansir dari akun Youtube mputra setia, berikut hal-hal yang harus diwaspadai ketika umroh di Mekkah dan Madinah.

Copet

Dikunjungi jutaan umat muslim dari seluruh dunia setiap harinya, membuat kota Mekkah dan Madinah, walaupun terkenal suci, masih dimanfaatkan orang-orang jahat untuk mencopet. Copet berada di mana-mana, bahkan ketika berada di dalam masjid sekali pun.

Oleh sebab itulah, selalu taruh tas di depanmu ketika berjalan atau beribadah dimanapun. Sebab kalau tidak, mungkin saja copet bisa menyilet tasmu.

Jangan Merespon Ketika ada yang Menjual Barang

Di dalam video mputra dijelaskan jika ada anak kecil yang menawarkan dagangannya namun kamu tak benar-benar ingin membeli, jangan sekali-kali menggubris pertanyaan atau bahkan memegang barang yang mereka jual.

BERITA TERKAIT

Itu karena dua tindakan tersebut membuat anak kecil tersebut terus memaksa, bahkan hingga menangis untuk membeli barang dagangan mereka. Tentunya karena rasa malu atau iba, kamu pada akhirnya akan membeli barang dagangan tersebut.

Jika kamu tidak ingin membeli, ada baiknya tak usah hiraukan jika ada anak kecil yang berjualan. Namun jika ingin membeli, kamu bisa langsung membelinya.

Waspada Tukang Cukur

Waspadalah pada tukang cukur yang ada di Mekkah. Biaya cukur yang biasanya hanya 10 riyal, bisa menjadi 100 riyal jika kamu tak wasapada. Supaya tak kena biaya berkali-kali lipat, jangan mau diberikan shampoo atau cairan aneh lainnya ketika bercukup.

Jika ditawarkan secara tegas katakanlah tidak, karena kalau tidak kamu bisa dikenakan biaya yang tidak diinginkan. Agar aman dan tak ditipu, cukurlah rambut di pinggiran Masjidil Haram.

Pengemis

Di Arab Saudi, orang Indonesia terkenal suka memberi dan berbelanja, makanya ada saja orang yang akan menghampiri kita untuk meminta uang.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas