Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Lifestyle

Ragam Manfaat Bermain di Luar Ruangan Bagi Si Kecil: Butuh Proteksi dari Gigitan Nyamuk

bermain di luar runagan juga menghasilkan energi yang menjaga kesehatan tubuh, menjadi dampak positif yang dihasilkan ketika anak mengeksplorasi alam

Editor: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Ragam Manfaat Bermain di Luar Ruangan Bagi Si Kecil: Butuh Proteksi dari Gigitan Nyamuk
Readyforten.com
Ilustrasi anak-anak bermain. 

TRIBUNNEWS.COM - Aktivitas di luar memiliki banyak manfaat untuk proses tumbuh kembang anak.

Namun, saat ini masih banyak orang tua yang kerap khawatir mengajak anak main di luar, karena berbagai alasan.

Survei terbaru yang dilakukan 'My Baby' menemukan, 85 persen ibu khawatir ketika anak main di luar, dan 65 persen merasa gigitan nyamuk dan serangga menjadi alasan utama kekhawatiran para ibu.

Padahal berbagai manfaat bermain di luar, seperti meningkatkan semangat dan kemampuan sosial, mengembangkan kreativitas, meningkatan kebahagiaan.

Selain itu,  bermain di luar runagan juga menghasilkan energi yang menjaga kesehatan tubuh, menjadi dampak positif yang dihasilkan ketika anak mengeksplorasi alam terbuka.

Ragam manfaat aktivitas bermain di luar ruangan, juga ditegaskan oleh Psikolog Keluarga, Retno Dewanti Purba.

Menurutnya, beraktivitas di luar memiliki manfaat yang sangat luas. Peningkatan kreativitas, berkembangnya kemampuan penyelesaian masalah, melatih kerja sama, hingga mampu memperbaiki suasana hati.

BERITA TERKAIT

"Jika anak dibiasakan beraktivitas di luar rumah akan terlihat nyata peningkatan kebugarannya. Bermain di luar ruangan diketahui memiliki efek teurapeutik yang baik bagi kondisi psikologis kita," kata Retno.

Karena itu, orangtua sebaiknya memberi kesempatan pada anak untuk menghabiskan waktu di halaman rumah, ruang hijau terbuka, kebun, taman, pantai, pegunungan, dan lingkungan alami lain.

"Dampingi anak bermain di luar rumah agar mereka bisa mengenal lingkungan dengan cara menyenangkan. Upayakan anak bermain seraya mengaktifkan seluruh moda sensori tubuhnya. Melompat, berlari, berjalan, berjinjit dan berbagai gerakan tubuh akan mempengaruhi keterampilannya menguasai gerakan kasar dan halus. Mengamati tanaman, bebatuan, bunga, hewan akan menambah kekayaan wawasannya akan lingkungan. Jelaskan dengan bahasa yang mudah tentang berbagai hal baru yang ditemui di alam terbuka," kata dia.

Lantaran itu, sangat penting bagi orangtua untuk tidak takut dan khawatir membawa anak-anaknya berinteraksi dengan alam. Kewaspadaan tetap perlu, namun tidak boleh takut atau menghindari aktivitas luar.

"Kita bisa melakukan persiapan yang baik agar anak aman dan nyaman beraktifitas di luar. Memaparkan anak dengan alam dipercaya mendatangkan banyak manfaat bagi proses tumbuh kembang anak. Jangan takut, saatnya ibu percayakan si kecil bebas main di luar,” ungkapnya.    

Terkait itu, GM Brand Portfolio Strategy & Innovation CCHC-Cosmetic and Consumer, PT Barclay Products Dahlia Yolanda, mengatakan pihaknya memahami, kesempatan anak menjelajah di luar memiliki manfaat spesifik bagi proses tumbuh kembang anak, tanpa mengesampingkan kekhawatiran dan sikap waspada orang tua akan kondisi kesehatan anak yang sangat mungkin terpapar gigitan nyamuk.

Gigitan nyamuk, kata dia, tentu saja tak boleh dianggap sepele.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
berita POPULER
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas