Tribun Lifestyle

Pelantikan Jokowi & Maruf Amin

Pesan di Balik Paduan Anggun Baju Kurung dan Batik yang Dikenakan Iriana Saat Pelantikan Jokowi

Iriana tampil anggun saat mendampingi sang suami, Joko Widodo dilantik menjadi Presiden RI kedua kalinya.

Editor: Anita K Wardhani
zoom-in Pesan di Balik Paduan Anggun Baju Kurung dan Batik yang Dikenakan Iriana Saat Pelantikan Jokowi
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Presiden Joko Widodo didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo beserta anak-anaknya memberikan keterangan kepada wartawan sebelum berangkat menuju Gedung MPR di Istana Merdeka Jakarta, Minggu (20/10/2019). Jokowi bersama Ma'ruf Amin akan dilantik sebagai presiden dan wakil presiden periode 2019-2024. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

TRIBUNNEWS.COM - Iriana tampil anggun saat mendampingi sang suami, Joko Widodo dilantik menjadi Presiden RI kedua kalinya.

Saat pelantikan Presiden dan Wakil Presiden di Gedung DPR/MPR, Iriana Jokowi, memilih busana baju kurung yang dipadukan dengan batik.

Jika dibandingkan dengan pelantikan pada periode pertama pada 2014 lalu, Iriana memilih kebaya model kutubaru berwarna cerah yang menampilkan keanggunan perempuan Jawa.

Berbeda dengan pelantikan Jokowi untuk periode kedua, di momen bersejarah ini, ibu negara memilih busana baju kurung bercorak floral yang dipadukan dengan kain dan selendang batik bernuansa cokelat.

Ibu Negara Iriana bersama Mufidah dan Wury tiba sebelum acara pelantikan presiden dan wakil presiden di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10/2019)
Ibu Negara Iriana bersama Mufidah dan Wury tiba sebelum acara pelantikan presiden dan wakil presiden di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10/2019) (KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG)

Ada pesan apa di balik paduan baju kurung dan kain batik yang dikenakan Iriana?

Desainer Indonesia Didiet Maulana mengungkapkan pilhan baju kurung oleh Iriana adalah bukti usaha sang Ibu Negara merawat keragaman.

"Hari ini (Iriana) berikan satu pesan, merawat keragaman. Beliau dari Jawa, namun pakai baju kurung (khas) dari Sumatera," ujar Didiet.

Perbedaan pilihan itu, lanjut Didiet, menunjukkan Iriana sebagai Ibu Negara yang mendorong keragaman dan potensi-potensi budaya di Indonesia.

Kembali ke baju kurung, Didiet mengungkapkan ciri busana ini adalah bukaan belakang dengan potongan sesuai lekuk tubuh.

Namun, dari amatan desainer IKAT tersebut, Iriana memilih siluet loose yang membuat penampilannya lebih menarik, lengkap dengan nuansa bordir.

Pilihan itu kian serasi dengan bawahan kain dan selendang yang diletakkan di tangan Iriana,

"Senada dan fresh," kata Didiet.

Ia melanjutkan, momentum Iriana yang memakai baju kurung bakal membuat model ini bertambah peminat, terutama bagi perempuan Indonesia.

"(Baju kurung) sebenarnya sudah tren dan jadi pilihan selain kebaya. (Momentum) hari ini (membuat baju kurung) makin populer," katanya.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas