Tribun Lifestyle
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Masa Pandemi, Pasangan Muda Perlu Lebih Selektif Susun Perencanaan Pengeluaran

Masa pandemi ini justru menjadi momen emas untuk membeli properti, karena harganya yang cenderung stagnan

Masa Pandemi, Pasangan Muda Perlu Lebih Selektif Susun Perencanaan Pengeluaran
ARKANSAS CONSUMER
Perencanaan keuangan yang baik mencegah Anda dari risiko bocor halus. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Choirul Arifin

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Konsultan perencanaan keuangan Prita Ghozie dari @zapfinance mengatakan, masa pandemi Covid-19 seperti saat ini menjadi pengingat penting bagi masyarakat agar mereka bersikap kritis dan bijaksana dalam membuat perencanaan pembiayaan.

Karena menurutnya akan ada tragedi yang akan berdampak pada perekonomian yang tidak diduga, sehingga kita harus selalu siap secara finansial.

Pada bincang virtual edukasi investasi properti untuk masyarakat yang diselenggarakan Bintaro Jaya High Rise, Jumat, 3 Juli 2020, Prita Ghozie juga membahas tentang pembiayaan yang wajar untuk melangsungkan pesta resepsi pernikahan.

“Mungkin pandemi ini justru menjadi momen untuk kita semua berefleksi bahwa sebenarnya perencanaan resepsi pernikahan tidak perlu memakan biaya besar, apalagi sampai berhutang hanya untuk pesta satu hari, ini yang harus diperhatikan dengan baik," sarannya.

Prita lalu menjabarkan perhitungan perencanaan pembiayaan resepsi yang ideal dan
tidak termasuk kategori pemborosan.

“Sebuah pesta pernikahan dikatakan pemborosan ketika setelah menikah tidak ada dana darurat, jumlah biayanya sudah melebihi bujet yang sudah dikumpulkan sebelumnya, bahkan sampai berutang. Dan akibatnya apa? Keuangan saat memulai pernikahan menjadi berantakan," jelasnya.

Baca: Ramalan Zodiak Keuangan Sabtu, 4 Juli 2020: Gemini Melalui Fase Sulit, Leo Mulai Atur Pengeluaran

Solusinya, kata dia, tentu saja sadar dengan kemampuan diri sendiri. "Who are we fooling? Buat apa membuat pesta mewah, demi harga diri kalau akhirnya kita tidak bisa memenuhi berbagai kebutuhan keluarga termasuk punya rumah?,"jelasnya.

Prita menambahkan, @zapfinance juga kerap mengedukasi audiensnya melalui platform Instagram dan YouTube terutama untuk pasangan muda, agar mengatur biaya pernikahan sehingga bisa mencapai berbagai tujuan keuangan di masa depan.

Dana darurat, dana rumah, dan dana investasi untuk masa depan adalah 3 hal utama”

Halaman
123
Penulis: Choirul Arifin
Editor: Eko Sutriyanto
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas