Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Lifestyle
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Peduli Kesehatan Masyarakat Saat Pandemi Covid-19 Lewat Gerakan Kesukarelaan

Pandemi Cocvid-19 melanda dunia, termasuk Indonesia. Itu membuat semakin banyak masyarakat yang menyadari pentingnya kesatuan membantu sesama.

Peduli Kesehatan Masyarakat Saat Pandemi Covid-19 Lewat Gerakan Kesukarelaan
(Shutterstock/Petovarga)
Ilustrasi virus corona, gejala virus corona, gejala Covid-19, pasien virus corona 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Eko Sutriyanto

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pandemi Cocvid-19 melanda dunia, termasuk Indonesia. Itu membuat semakin banyak masyarakat yang menyadari pentingnya kesatuan untuk membantu sesama.

Inisiatif yang baik dari individu maupun kelompok perlu didorong untuk menghasilkan dampak positif kepada masyarakat.

Ini pula yang mendorong ratusan karyawan Danone Indonesia melakukan rangkaian kegiatan edukasi gizi dan hidrasi serta perawatan lingkungan dalam program Danone Volunteering Movement atau Gerakan Kesukarelaan Danone selama Agustus dan September 2020.

Arif Mujahidin, Corporate Communication Director Danone Indonesia mengatakan, keterlibatan karyawan ini sebagai wujud visi One Planet One Health.

Baca: Daftar Pejabat dan Kepala Daerah yang Meninggal karena Covid-19, Terakhir Dirjen KKP dan Sekda DKI

"Kesehatan masyarakat maupun bumi saling terkait sehingga harus saling dijaga sehingga kami menghadirkan kegiatan tahunan kesukarelaan dengan semangat membawa dampak positif bersama melalui Danone Volunteering Movement 2020,” kata Arif dalam keteranganya, Senin (28/9/2020).

Akivitas belajar 2-39847545
Aktivitas belajar

Bentuk kegiatan sukarela dari karyawan Danone dapat mendukung kepedulian terhadap kesehatan di masyarakat, hingga memberdayakan masyarakat untuk mendapatkan pemasukan tambahan di tengah pandemi.

Program “Rumah Belajar Generasi Maju”, misalnya merehabilitasi fasilitas publik di 6 daerah menjadi rumah belajar yang dilengkapi fasilitas internet hingga mengadakan program webinar untuk tujuan edukasi dan mengajarkan masyarakat mengenai kesehatan ibu anak hingga mencuci tangan dengan sabun.

Baca: Epidemiolog: Protokol Kesehatan 3M di Rumah Tak Efektif Jika Tes dan Pelacakan Covid-19 Masih Minim

Ada juga program pelatihan eco enzyme, yaitu pembuatan hand sanitizer dan disinfektan alami dari buah dan sayuran, yang diadakan di Berastagi.

Dalam kegiatan ini, kelompok konservasi tanah Karo di Berastagi dan Dinas Kesehatan dihadirkan melalui webinar online guna melakukan pelatihan eco enzyme.

Selain pemanfaatan sumber daya sekitar, karyawan juga mengedukasi penggunaan sampah produksi berupa jerigen dan tong plastik pada warga Dusun Grojogan, Jawa Tengah untuk mengembangbiakan ikan lele dan sayur mayur.

Kegiatan yang telah memasuki tahun kelima ini mendorong karyawan Danone di Sumatera, Kalimantan, Jawa, Bali dan Sulawesi untuk menginisiasi kegiatan yang dapat menjawab kebutuhan masyarakat di daerah masing-masing.

"Kegiatan dapat dilaksanakan secara online, donasi, maupun program yang dilaksanakan secara langsung dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat," katanya.

Penulis: Eko Sutriyanto
Editor: Willem Jonata
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas