Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Lifestyle
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Penuhi Gizi Seimbang Dalam Satu Miring Makan, Apa Saja yang Harus Ada?

Selain penerapan protokol kesehatan, memperkuat imunitas dengan mengonsumsi gizi seimbang jadi kunci terhindar dari Covid-19.

Penuhi Gizi Seimbang Dalam Satu Miring Makan, Apa Saja yang Harus Ada?
Covid19.go.id
Cegah Covid-19 dengan Makanan Gizi Seimbang (Covid19.go.id)

Laporan wartawan Wartakotalive.com, Lilis  Setyaningsih

TRIBUNNEWS.COM – Selain protokol kesehatan dengan menjalankan 3M (memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak), memperkuat imunitas dengan mengonsumsi gizi seimbang jadi kunci terhindar dari Covid-19.

Bahkan ketika dilakukan vaksinasipun, daya tahan tubuh akan sangat mempengaruhi. 

Sebesar apapun efikasi vaksin, bila daya tahan tubuh menurun atau kurang, tidak bisa membentuk antibodi yang cukup untuk menghalau Covid-19.

Dokter spesialsi gizi klinis Dr Krisnugra  Ramadhani Rasyi, M.Gizi. Sp.GK mengatakan, gizi  seimbang merupakan susunan bahan makanan yang dimakan sehari-hari berdasarkan jumlah dan jenis.

“Apa yang kita makan harus beraneka ragam. Supaya mendapatkan gizi yang cukup dan seimbang, jangan mengonsumsi salah satu jenis saja. Karena satu jenis makanan tidak bisa memenuhi seluruh nutrisi yang diperlukan tubuh,” kata dr Krisnugra dalam  talkshow dari Radio Kesehatan dengan tema ‘Gizi seimbang untuk  hidup lebih sehat dimasa pandemi Covid-19’, Selasa (19/1/2021).

Untuk mendapatkan gizi seimbang, dalam satu piring  terdapat makanan yang terdiri dari makronutrien yang terdiri dari karbohidrat, protein, dan lemak.

Baca juga: Ingin Berhenti Minum Kopi, Tapi Susah? Ketahui Caranya Menurut Ahli Gizi

Mikronutrein berasal dari makanan yang mengandung  vitamin, dan mineral terutama di sayuran dan buah.  

Ia juga mengingatkan jangan terlalu nasi minded. Nasi hanyalah satu jenis karbohidrat. Karbohidrat bisa didapat dari jagung,  singkong, umbi-umbian, tepung.

“Jangan ada anggapan kalau belum makan nasi belum makan. Nasi dicampur dengan jagung. Padahal  jagung dan nasi sama-sama makanan pokok mengandung karbohidrat  yang jangan dimakan bersamaan,” ujarnya.

Halaman
123
Editor: Willem Jonata
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas