Tribun Lifestyle

Tanaman Anda Diserang Kutu Daun? Coba Semprotkan Air Bawang, Lihat Efeknya

Merawat tanaman tidak hanya berupa menyiram secara teratur dan memberi pupuk secara berkala. Anda juga harus menjaga tanaman dari serangan hama.

Editor: Anita K Wardhani
zoom-in Tanaman Anda Diserang Kutu Daun? Coba Semprotkan Air Bawang, Lihat Efeknya
Tribun Jabar/Gani Kurniawan
Pengunjung mengamati tanaman hias Anthurium Veitchii ukuran kecil yang dipamerkan di atrium Festival Citylink, Jalan Peta, Kota Bandung, Jawa Barat, Jumat (5/2/2021). Jika anda pengemar tanaman lalu Tanaman Anda Diserang Kutu Daun? Coba Semprotkan Air Bawang, Lihat Efeknya Tribun Jabar/Gani Kurniawan 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Merawat tanaman tidak hanya berupa menyiram secara teratur dan memberi pupuk secara berkala. Anda juga harus menjaga tanaman dari serangan hama.

Hama tidak hanya bisa merusak tanaman, namun bahkan yang lebih buruk adalah tanaman Anda bisa mati karenanya.

Salah satu hama yang menyerang tanaman adalah kutu daun.

Ini adalah serangga sangat kecil berbentuk seperti buah pir, yang menggunakan bagian mulutnya yang menusuk untuk memakan cairan tanaman.

Dilansir dari Home Guides SF Gate, Sabtu (13/2/2021), kutu daun juga mengerluarkan melon, yakni zat lengket dan manis yang menarik dan menjadi tempat berkembangnya jamur jelaga.

Baca juga: Bisnis Tanaman Hias Bisa Berkembang dan Jadi Pemasukan Tambahan di Masa Pandemi

Baca juga: Diduga Depresi Tanaman Padinya Ludes Diserang Tikus, Seorang Petani Gantung Diri di Kandang Sapi

Di lanskap luar ruangan yang sehat, predator atau parasit alami seringkali dapat mengendalikan kutu daun kecuali diganggu oleh debu pestisida atau semut. Dalam situasi ini atau ketika tanaman yang berharga atau sangat rentan diserang, tindakan tambahan diperlukan.

Ada banyak produk yang tersedia secara komersial yang dirancang untuk mengusir atau membunuh hama umum ini, tetapi Anda bisa membuat semprotan alami menggunakan bawang untuk mengekang aktivitas kutu.

Berikut cara membuat semprotan pestisida alami dari air bawang.

Pertama, kupas dan potong dua bawang bombai ukuran sedang dan dua siung bawang putih. Jika Anda akan menghaluskan bawang bombai dan bawang putih, potongan kasar cocok.

Bawang putih dan minyak kelapa ternyata baik untuk rambut
Tanaman Anda Diserang Kutu Daun? Coba Semprotkan Air Bawang, Lihat Efeknya

Jika Anda tidak memiliki blender atau food processor dan tidak dapat menghaluskan bawang bombai dan bawang putih, potong halus-halus.

Kemudian, masukkan bawang bombai dan bawang putih cincang ke dalam blender dengan 3 gelas air dan haluskan campuran ini.

Cara lainnya, masukkan bawang bombai yang sudah dipotong halus dan bawang putih dengan air ke dalam wadah dan biarkan terendam setidaknya semalaman.

Saring campuran di atas wadah atau toples yang memiliki penutup, tampung padatan dalam saringan atau kain katun tipis.

Selanjutnya, tuangkan sedikit cairan ke dalam botol semprot. Semprotkan tanaman yang menderita infestasi aphid secara menyeluruh, lapisi permukaan daun serta pucuk dan batang baru tanaman.

Simpan kelebihan cairan dalam wadah berpenutup di lemari es.

Berikutnya, kubur tumbukan yang dipisahkan dari campuran selama penyaringan dangkal di taman di satu atau lebih area di sekitar tempat kutu daun bermasalah.

Semprot kembali tanaman yang terserang kutu daun setelah sekitar tujuh hari. terus menyemprot tanaman setiap tujuh hari atau lebih sesuai kebutuhan.

Perlu diingat, uji semprotan bawang pada sebagian kecil tanaman dan menunggu beberapa hari untuk melihat apakah terjadi kerusakan memastikan Anda tidak akan merusak tanaman dengan semprotan aphid buatan sendiri ini.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Air Bawang Bisa Basmi Kutu Daun pada Tanaman, Begini Cara Membuatnya", 
Penulis : Sakina Rakhma Diah Setiawan

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas