Tribun Lifestyle
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Peduli Kesejahteraan Hewan, Pizza Marzano Pakai Telur Bebas Kandang Baterai

Kebijakan tersebut dicapai setelah berbulan-bulan berdialog dengan Act For Farmed Animals (AFFA), koalisi LSM perlindungan hewan.

Peduli Kesejahteraan Hewan, Pizza Marzano Pakai Telur Bebas Kandang Baterai
Istimewa
Ayam petelur bebas kandang-- Jaringan restoran Pizza Marzano mengumumkan kebijakan untuk hanya memakai telur bebas kandang baterai di Indonesia 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Eko Sutriyanto

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Jaringan restoran Pizza Marzano mengumumkan kebijakan untuk hanya memakai telur bebas kandang baterai di Indonesia.

Keputusan ini dinilai ilmuwan dan pendukung kesejahteraan hewan akan meningkatkan kesejahteraan ayam petelur secara signifikan.

Kebijakan tersebut dicapai setelah berbulan-bulan berdialog dengan Act For Farmed Animals (AFFA), koalisi LSM perlindungan hewan Sinergia Animal and Animal Friends Jogja.

Perusahaan yang merupakan bagian dari grup internasional Pizza Express ini mulai menggunakan telur bebas kandang baterai di semua lokasi di Indonesia pada Februari 2021, dan akan menyelesaikan transisi penuh dalam rantai pasokan mereka - meliputi semua wujud telur: segar, diproses, dan dalam produk - pada tahun 2025.

Elly Mangunsong, Corporate Outreach Coordinator dari AFFA mengatakan, Pizza Marzano mengambil sikap yang sangat penting dengan mengumumkan komitmen ini di Indonesia.

Baca juga: Resep dan Cara Membuat Aneka Pizza Enak dan Mudah, Simak Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Ayam sangat menderita ketika mereka dikurung dalam kandang baterai kecil, di mana mereka bahkan hampir tidak bisa bergerak.

"Konsumen tentu akan senang dengan langkah ini karena mereka kini semakin paham dan sadar tentang makanan yang mereka pilih”, komentar Elly Mangunsong, Corporate Outreach Coordinator dari AFFA dalam keterangannya, Rabu (28/4/2021).

Kandang baterai adalah sistem produksi telur intensif yang menempatkan ayam di ruang yang sangat padat sehingga tidak dapat berjalan dengan bebas, mematuk, atau merentangkan sayap sepenuhnya, yang merupakan perilaku alami yang sangat penting untuk kesejahteraan ayam petelur.

Dalam sistem kurungan jenis ini, banyak hewan menderita cedera dan bulu rontok karena kontak terus-menerus dengan kawat kandang.

"Sekitar 80 persen produksi telur di Indonesia berasal dari kandang baterai, yang berarti lebih dari 120 juta ayam menghabiskan seluruh hidupnya dalam kondisi seperti sekarang ini," katanya.

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: Eko Sutriyanto
Editor: Willem Jonata
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas