Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Lifestyle

Ketahui Risiko Kesehatan Terlalu Banyak Makan Daging

Opor ayam, rendang, semur, atau apapun menu khas Lebaran berbahan daging membuat kita kalap menyantapnya. 

Editor: Willem Jonata
zoom-in Ketahui Risiko Kesehatan Terlalu Banyak Makan Daging
SajianSedap
Resep Daging Goreng Sambal Kemiri untuk Menu Lebaran Besok 

TRIBUNNEWS.COM - Opor ayam, rendang, semur, atau apapun menu khas Lebaran berbahan daging dengan cita rasa lezat, bisa membuat kita lupa diri saat menyantapnya.

Meski begitu, kita juga harus menahan diri agar tidak makan berlebihan. Sebab, asupan lemak jenuh berdampak buruk bagi kesehatan.

Nah, dilansir dari laman The Healthy, berikut ini terdapat beberapa dampak buruk dari terlalu banyak mengonsumsi daging yang perlu kita ketahui.




1. Rambut dan kulit kusam

Vitamin C jarang ditemukan dalam produk hewani, jadi jika pola makan kita kebanyakan daging, besar kemungkinan kita kekurangan vitamin ini.

Vitamin C berperan penting dalam pembentukan kolagen atau dikenal sebagai protein yang memberi struktur pada kulit, rambut, kuku, tulang, dan lainnya.

"Kekurangan vitamin C dapat membuat kulit kasar dan bergelombang. Kita juga mungkin melihat beberapa pertumbuhan bulu pada tubuh," kata ahli gizi dan pendiri makehealthyeasy.com, Jenna Braddock.

Baca juga: Kenali Kondisi Orang yang Idap Gagal Jantung Harus Dapatkan Perawatan dari Dokter

BERITA TERKAIT

Imbangi dengan memperbanyak konsumsi sayuran berdaun hijau setiap hari. Misalnya, semangkuk kangkung atau bayam yang mengandung vitamin C.

2. Lebih sering sakit

Terlalu banyak mengonsumsi daging artinya membuat kita kekurangan vitamin C, yang bisa menyebabkan tubuh lebih sering terkena penyakit.

"Orang-orang yang menjalani diet keto lebih rentan sakit karena tidak makan banyak makan buah yang merupakan salah satu sumber vitamin C terbaik," kata Braddock.

3. Mengalami sembelit

Sebagian besar daging hampir tidak mengandung serat, yang biasanya kita dapatkan dari buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian.

Oleh karena itu, banyak mengonsumsi daging dapat menyebabkan sembelit dan nyeri saat buang air besar karena kita kekurangan serat.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas