Tribun Lifestyle

Niat Sholat Jumat Lengkap dengan Tulisan Latin, Tata Cara dan Sunahnya

Bacaan niat sholat Jumat Ushollii fardlol jum'ati rak'ataini mustaqbilal qiblati adaa-an ma-muuman lillaahi ta'aala, Berikut tata cara pelaksanaannya.

Penulis: Arif Fajar Nasucha
Editor: Tiara Shelavie
Niat Sholat Jumat Lengkap dengan Tulisan Latin, Tata Cara dan Sunahnya
Tribun Jabar/Gani Kurniawan
Jemaah duduk dengan menerapkan jaga jarak aman antar jemaah pada pelaksanaan salat Jumat di Masjid Baiturrahim, Kompleks Kopo Permai 1, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Jumat (24/7/2020). Penerapan protokol kesehatan guna mencegah penularan Covid-19 pada pelaksanaan salat Jumat di masjid ini cukup ketat. Setiap jemaah yang akan masuk masjid diperiksa suhu tubuhnya dan diberikan cairan disinfektan untuk membersihkan tangan, harus mengenakan masker, menerapkan jaga jarak aman antar jemaah di dalam masjid, dan bagi jemaah yang suhu tubuhnya di atas 38 derajat disarankan untuk salat di rumah. Tribun Jabar/Gani Kurniawan 

TRIBUNNEWS.COM - Simak bacaan niat sholat Jumat dalam tulisan arab dan latin dalam artikel ini.

Selain niat, terdapat juga syarat, sunah, dan tata cara sholat Jumat.

Sholat Jumat adalah sholat yang dikerjakan pada hari Jumat.

Dikerjakan di waktu Zuhur yang sekaligus sebagai pengganti shalat Zuhur tersebut.

Baca juga: NIAT Sholat Dhuha, Lengkap dengan Bacaan Doa, Tata Cara Beserta Waktu Pelaksanaannya

Baca juga: BACAAN Surat Al Kahfi Ayat 1 sampai 10 dalam Tulisan Arab, Latin dan Terjemahannya

Umat Islam saat melaksanakan shalat jumat dengan menerapkan jarak fisik pada hari pertama masa transisi pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di Masjid Cut Meutia, Jakarta Pusat, Jumat (5/6/2020). Masjid Cut Meutia kembali menggelar shalat jumat pertama setelah masa penguncian akibat COVID-19 dengan menerapkan protokol kesehatan seperti menggunakan masker, mencuci tangan, pengukuran suhu tubuh dan menjaga jarak fisik serta diisi hanya 50 persen kapasitas jemaah. Tribunnews/Jeprima
Umat Islam saat melaksanakan shalat jumat dengan menerapkan jarak fisik pada hari pertama masa transisi pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di Masjid Cut Meutia, Jakarta Pusat, Jumat (5/6/2020). Masjid Cut Meutia kembali menggelar shalat jumat pertama setelah masa penguncian akibat COVID-19 dengan menerapkan protokol kesehatan seperti menggunakan masker, mencuci tangan, pengukuran suhu tubuh dan menjaga jarak fisik serta diisi hanya 50 persen kapasitas jemaah. Tribunnews/Jeprima (Tribunnews/JEPRIMA)

Niat Sholat Jumat

Dikutip dari buku Pintar Panduan Lengkap Ibadah Muslimah karya Muhammad Syukron Maksum, berikut adalah bacaan niat sholat Jumat:

اُصَلِّيْ فَرْضَ الجُمْعَةِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ اْلقِبْلَةِ اَدَاءً مَاْمُوْمًا لِلَّهِ تَعَالَى

Ushollii fardlol jum'ati rak'ataini mustaqbilal qiblati adaa-an ma-muuman lillaahi ta'aala.

Artinya:

Aku niat melakukan shalat jum'at 2 rakaat, sambil menghadap qiblat, saat ini, menjadi makmum, karena Allah ta'ala.

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas