Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Lifestyle

Buat yang Bertubuh Kurus, Ini Tips Menambah Berat Badan Ideal

Berat badan dikatakan ideal jika tidak terlalu gemuk dan juga tidak terlalu kurus, hal tersebut juga bergantung dari tinggi badan.

Penulis: Eko Sutriyanto
Editor: Willem Jonata
zoom-in Buat yang Bertubuh Kurus, Ini Tips Menambah Berat Badan Ideal
Fbw.vn
Ilustrasi Olahraga 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Eko Sutriyanto 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Berat badan dikatakan ideal jika tidak terlalu gemuk dan juga tidak terlalu kurus, hal tersebut juga bergantung dari tinggi badan.

Jadi orang dengan tinggi badan 150 cm akan jauh berbeda dalam hal berat badan yang ideal dengan orang yang mempunyai tinggi badan 170 cm.

Misalkan kita mengambil kesamaan berat badan dari kedua tinggi badan tersebut, maka bisa jadi salah satunya terlihat kurus dan satunya lagi terlihat gemuk.

Mengurangi dan menambah berat badan tentu dua hal yang sangat berbeda dalam perlakuannya, yang menjadi persamaan diantara keduanya adalah sama-sama membutuhkan aktivitas olahraga yang teratur.

Sedangkan dalam hal makanan, bagi pemilik tubuh gemuk dan ingin mengurangi berat badannya, harus melakukan pola diet sehat.

Baca juga: Buah-buahan yang Sebaiknya Dihindari Bagi Mereka yang Ingin Diet

Baca juga: Obesitas Tingkatkan Risiko Covid-19 yang Berat Hingga Kematian

Berbeda dengan orang yang mempunyai tubuh kurus, untuk menambah berat bada agar ideal, diperlukan makanan yang mengandung banyak nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh.

BERITA TERKAIT

Berat badan rendah atau yang biasa dikatakan kurus, dapat disebabkan oleh banyak hal, diantaranya adalah karena penyakit tertentu seperti diabetes dan bronkhitis.

Bisa juga karena mengalami gangguan pencernaan dan gangguan nafsu makan, efek psikologis dan kemungkinan besar kurang nutrisi.

Berikut tips menambah berat badan ideal:
 

1. Olahraga Rutin

Warga masih terlihat berolahraga di sekitar bundaran HI Jakarta pada hari pertama pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat, Sabtu (3/7/2021). Sejumlah jalan di Jakarta diberlakukan penyekatan dan pembatasan kegiatan masyarakat selama masa PPKM darurat sejak 3 Juli hingga 20 Juli 2021 untuk mencegah penyebaran Covid-19. TRIBUNNEWS/HERUDIN
Warga masih terlihat berolahraga di sekitar bundaran HI Jakarta pada hari pertama pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat, Sabtu (3/7/2021). Sejumlah jalan di Jakarta diberlakukan penyekatan dan pembatasan kegiatan masyarakat selama masa PPKM darurat sejak 3 Juli hingga 20 Juli 2021 untuk mencegah penyebaran Covid-19. TRIBUNNEWS/HERUDIN (TRIBUNNEWS/HERUDIN)

Tidak perlu diperdebatkan lagi, olahraga mempunyai fungsi yang sangat bagus untuk tubuh.

Bukan hanya dalam program untuk menambah berat badan saja, olahraga teratur juga akan membuat badan selalu fit dan tetap bugar.

Pilih olahraga sesuai kebutuhan anda, jika hanya ingin menambah berat badan saja, cobalah lakukan olahraga ringan seperti joging, yoga, renang atau push-up.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas