Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Lifestyle
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Siasat Hunian Indah dan Nyaman

Bakteri Jahat Bisa Nempel di Tembok, Lindungi Anak di Rumah dengan Cara Ini!

Tahukah kamu, kuman dan bakteri penyebab penyakit bisa menyebar di dalam rumah dan menempel di tembok?

BizzInsight
Bakteri Jahat Bisa Nempel di Tembok, Lindungi Anak di Rumah dengan Cara Ini!

TRIBUNNEWS.COM - Tahukah kamu, kuman dan bakteri penyebab penyakit bisa menyebar di dalam rumah dan menempel di tembok?

Sebagai orangtua, tentu Anda tidak ingin Si Kecil terinfeksi bakteri jahat yang bisa membuatnya sakit. Oleh karena itu, selain membersihkan lantai, karpet, gagang pintu, ventilasi udara, hingga barang-barang yang sering disentuh, Anda juga perlu rutin membersihkan tembok.

Mengutip Klikdokter, bakteri yang kerap menghuni tembok adalah Escherichia Coli, Staphylococcus Aureus, Pseudomonas, dan MRSA. Keempat bakteri penyakit tersebut juga rentan menginfeksi anak kecil, lho!

Namun, jangan panik. Berikut cara mudah membersihkan bakteri di tembok rumah yang bisa Anda coba.

Menjaga suhu ruangan

Salah satu penyebab tembok rumah menjadi sumber kuman dan bakteri yakni karena tidak mengatur suhu kelembaban ruangan. Hal inilah yang bisa menyebabkan tembok jadi tempat yang nyaman bagi bakteri.

Untuk itu, pastikan rumah Anda memiliki ventilasi udara yang cukup serta dapat menjadi jalan bagi sinar matahari untuk masuk ke dalam rumah. Bila perlu, Anda dapat memasang dehumidifier di dalam rumah agar kian terjaga kelembapannya.

Membersihkan debu tembok dengan kain microfiber

Kain microfiber juga bisa dimanfaatkan untuk membersihkan tembok. Terbuat dari bahan polymer, yakni polyamide dan polyester, kain ini efektif untuk membersihkan debu yang menempel di tembok. 

Tidak hanya itu, kain berbahan halus ini memiliki kemampuan menyerap air dan aman untuk digunakan berkali-kali.

Sebagai catatan, jangan menambahkan produk pembersih yang mengandung alkohol, sebab dapat merusak lapisan cat tembok.

Membersihkan sarang laba-laba

Salah satu tempat favorit laba-laba membuat sarang yakni di bagian atas tembok rumah. Lokasinya yang tinggi membuat bagian tersebut jarang tersentuh oleh penghuni rumah. 

Biasanya, untuk membersihkan tembok bagian atas yang penuh debu dan sarang laba-laba, Anda bisa menggunakan sapu yang bergagang panjang. 

Jika masih ada sisa kotoran yang menempel di tembok, gunakanlah kain lap yang diberi sedikit air hingga lembap.

Bersihkan tembok dengan cairan buatan sendiri

Ilustrasi noda di tembok
Ilustrasi noda di tembok (Shutterstock)

Selain debu dan sarang laba-laba, kotoran membandel dari cipratan minyak, noda makanan dan minuman, lumpur, hingga coretan yang dilakukan anak-anak. Kotoran tersebut juga bisa menjadi sumber kuman penyakit.

Biasanya, untuk membersihkannya orang kerap menggosok atau menyikat tembok yang berpotensi merusak cat.

Padahal, kamu bisa campurkan baking soda, lemon, atau cuka sebagai cairan pembersih yang dicampur dengan air hangat, kemudian gunakan lap atau spons untuk membersihkannya. Cara ini tak akan merusak tembok.

Selain dapat menghilangkan bakteri dan noda, cara ini juga tergolong efektif untuk mengusir serangga agar tidak membuat sarang di tembok. 

Gunakan cat antibakteri 

Untungnya, kini produsen cat tak hanya menawarkan warna yang indah nan beragam, tetapi juga dilengkapi formula antibakteri.

Agar tidak salah pilih, sebaiknya gunakan cat anti bakteri yang dapat menjaga kebersihan dan kesehatan tembok rumah serta mudah dibersihkan.

Salah satu cat antibakteri yang menjadi favorit banyak orang adalah TOA Paint NanoClean Silk Touch. Cat tembok TOA Paint NanoClean Silk Touch dilengkapi dengan Silver Ion (silver Ag+) yang dapat melindungi cat dari bakteri sumber penyakit. 

Tak hanya itu, TOA Paint NanoClean Silk Touch diformulasikan khusus dengan teknologi Protective Hybrid Technology yang menggabungkan antara Nano Fluoro Carbon dan Nano Silver Ion

Formulasi khusus tersebut membuat TOA Paint NanoClean Silk Touch dapat menghasilkan permukaan cat yang halus serta sangat mudah dibersihkan.

TOA Paint NanoClean Silk Touch

Soal warna, jangan diragukan lagi karena cat ini memiliki beragam varian warna dengan hasil akhir semi-gloss yang mewah, lapisan halus dan bersinar dengan warna cerah, serta memiliki ketahanan perlindungan hingga 7 tahun.

Saat diaplikasi pada beton, plester, asbes, dan dinding bau cat TOA Paint NanoClean Silk Touch juga tergolong rendah, sehingga tidak mengganggu pernapasan penghuni rumah. 

Untuk membuat rumah terhindar dari kuman dan bakteri penyakit,  segera ganti cat rumahmu dengan cat antibakteri dan ramah lingkungan: TOA Paint NanoClean Silk Touch. Yuk, lindungi kesehatan orang-orang tersayang di rumah Anda!

Penulis: Dea Duta Aulia/Editor: Bardjan

Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas