Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Lifestyle
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Virus Corona

Pandemi Covid-19 Membawa Tren Baru Pesta Pernikahan

Masa pandemi telah membawa perubahan yang menciptakan tren baru pada penyelenggaraan pernikahan.

Pandemi Covid-19 Membawa Tren Baru Pesta Pernikahan
Pixabay
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Masa pandemi telah membawa perubahan yang menciptakan tren baru pada penyelenggaraan pernikahan.

Kebijakan pembatasan kerumunan yang ditetapkan oleh pemerintah sebagai upaya menekan penyebaran virus Covid-19 telah pula mempengaruhi penyelenggaraan pesta pernikahan di masa pandemi.

Chief Executice Officer (CEO) lembaga riset POPULIX Timothy Astandu mengatakan melihat kondisi ini Populix sebagai perusahaan riset pasar berbasis android dan IOS telah melakukan riset untuk melihat tren pernikahan di masa pandemi.

"Kami berharap hasil riset ini dapat digunakan sebagai referensi bagi masyarakat ataupun pihak-pihak yang berkepentingan," katanya melalui keterangan yang diterima Tribunnews.com, Selasa (31/8/2021).

Baca juga: Rangkaian Acara Pernikahan Selesai, Lesti Kejora Ucap Syukur & Unggah Foto Mesra Bareng Rizky Billar

Berdasarkan hasil survei Populix yang dilakukan pada 12-14 Agustus 2021 terhadap 1.002 responden dengan rentang usia 18 – 30 tahun dari berbagai latar belakang sosial dan wilayah di Indonesia menunjukkan, 40 persen responden yang memiliki pasangan dan belum menikah mengaku memiliki rencana menikah dalam beberapa bulan kedepan.

Sementara mereka yang telah memiliki rencana menikah dalam waktu dekat dan sudah menentukan tanggal pernikahannya, sebanyak 54 persen diantaranya memutuskan untuk menikah di tahun 2022.

Chief Operating Officer (COO) Populix Eileen Kamtawijoyo menuturkan, situasi serta kebijakan pemerintah dalam hal pembatasan kerumunan dan penerapan protokol kesehatan berdampak pada berbagai penyesuaian di masyarakat.

Seperti perilaku, konsep sosial dan kebiasaan.

Menggelar pesta pernikahan dengan mengadakan serangkaian acara adat serta mengundang banyak tamu merupakan budaya masyarakat Indonesia.

Halaman
123
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas