Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Lifestyle
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Anak Miliki Potensi di Luar yang Terlihat, Bagaimana Orangtua Menggalinya?

Tentunya setiap orangtua menginginkan yang terbaik untuk anaknya. Termasuk mendorong anak-anaknya agar menuai sukses di masa depan.

Anak Miliki Potensi di Luar yang Terlihat, Bagaimana Orangtua Menggalinya?
Shutterstock
Ilustrasi anak belajar. 

TRIBUNNEWS.COM - Bagi orangtua, anak adalah kebanggaan. Mereka tak segan-segan menunjukkan prestasi anaknya kepada orang lain.

Tentunya setiap orangtua menginginkan yang terbaik untuk anaknya. Termasuk mendorong anak-anaknya agar menuai sukses di masa depan.

Namun di sisi lain, banyak orang tua mulai menyadari bahwa untuk menjadi sukses di masa depan setiap anak juga membutuhkan kekuatan dari dalam.

Salah satu tolak ukur keberhasilan anak-anak di masa depan adalah menumbukan kekuatan dari dalam yaitu kekuatan yang bukan hanya secara fisik atau akademis saja namun juga kuat secara mental yang tercermin dari kekuatan karakter, seperti berani, percaya diri, baik hati dan tangguh.

Karakter inilah yang dapat membentuk kekuatan dan potensi anak yang sesungguhnya.

Kekuatan tersebut terbentuk di masa pertumbuhannya dan para orang tua dan pendidik memiliki peran penting dalam masa-masa tersebut.

Kak Seto, psikolog anak serta Ketua Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI) mengatakan, orang tua memiliki peran yang sangat penting dalam perkembangan setiap anak.

Baca juga: 6 Hari Hilang di Gunung Guntur, Pendaki Ditemukan Selamat Ungkap Cerita Mistis, Ini Kata Psikolog

Baca juga: Sekolah Daring Munculkan Dampak Psikologi yang Tidak Baik Bagi Anak-Anak

“Setiap anak memiliki kekuatan dari dalam serta potensi yang tak terbatas di luar apa yang terlihat," kata Kak Seto saat peluncuran Biskuat #GenerasiTiger yakni Gerakan untuk mendorong orang tua memberikan dukungan penuh terhadap pengembangan kekuatan dari dalam.

Agar dapat mengeluarkan kekuatan atau potensi dari dalam, kata dia, anak-anak membutuhkan dukungan dari orang tuanya, sehingga menjadi lebih optimal dan berguna bagi perkembangan anak-anak di masa depan.

Kak Seto ketika ditemui di gedung Trans TV, Jalan Kapten Tendean, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Selasa (5/1/2021).
Kak Seto ketika ditemui di gedung Trans TV, Jalan Kapten Tendean, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Selasa (5/1/2021). (Warta Kota/Arie Puji Waluyo)

Menanggapi pernyataan Kak Seto yang merupakan Brand Ambassador Biskuat #GenerasiTiger, Mona Ratuliu selaku Mom Influencer menjelaskan bahwa setiap anak yang berprestasi tentu akan menjadi kebanggaan orang tuanya.

Baca juga: Ternyata, Begini Dampak Psikologis Anak Saat Belajar dari Rumah

Halaman
12
Editor: Willem Jonata
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas